-->

Kronik Toggle

Stasiun Gubeng Mempunyai Sudut Baca

SURABAYA-Sudut baca pertama di Kota Surabaya akhirnya dibuka, Rabu (27/02). Sudut baca yang merupakan prakarsa Dewan Kota Surabaya bersama PT KAI dan sejumlah perusahaan ini mengambil tempat di Stasiun Gubeng Baru.

PINKY SAPTANDARI Sekjen Dewan Kota Surabaya pada suarasurabaya.net, mengatakan, hingga saat ini sudah ada 1.000 sumbangan buku. Dalam waktu dekat sudut baca juga akan dibuka di SDN Tandes yang bisa digunakan untuk masyarakat umum.

Tujuan pembukaan sudut baca ini, tambah DANIEL ROSYID Ketua Dewan Pendidikan Jatim, lebih pada peningkatan minat baca yang akan serta merta meningkatkan budaya baca baru di masyarakat. “Pemilihan Stasiun Gubeng sebagai lokasi pertama adalah berdasarkan pengamatan bahwa dari 20 orang yang transit untuk menunggu kereta hanya 1 saja yang membaca, kata DANIEL.

Pengelolaan sudut baca ini akan diserahkan pada PT KAI. Diharapkan, kata DANIEL, kegiatan ini tidak berhenti pada sudut baca saja namun ada aktivitas lain seperti kegiatan dongeng.

Sementara ARIF AFANDI Wakil Walikota Surabaya yang membuka sudut baca ini mengharapkan lewat kegiatan ini maka masyarakat Surabaya akan lebih cerdas. Sebab, kata ARIF, sudut baca juga akan dibuka di kelurahan se Surabaya.

Mengenai alokasi dana, kata ARIF AFANDI, dianggarkan lewat Badan Perpustakaan Surabaya. Sedangkan untuk jangka panjang sudut baca di berbagai sekolah juga dapat digunakan untuk warga sekitar. (bir/tin)

*)suarasurabaya.net, 27 Februari 2008

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan