-->

Peristiwa Toggle

Terbakar, Pasar Loak Buku Palasari Bandung

BANDUNG — Para pedagang buku merugi miliaran rupiah menyusul kebakaran yang melumat 63 dari 200 kios di Pasar Palasari, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (24/8) dini hari. Menurut Ayi (28), saksi mata kebakaran Pasar Palasari, api sudah menghanguskan sebuah kios sekitar pukul 04.00 WIB. Api terus menjalar ke gerai lainnya. 

Sebagaimana dikabarkan Harian Kompas Harian Kompas edisi Sabtu, 25 Agustus 2007, saat api berkobar, Ayi sedang tidur di toko yang berada di belakang deretan kios buku yang terbakar di pasar yang terkenal dengan kios-kios penjualan buku itu. Meski petugas pemadam kebakaran bisa mencegah kobaran meluas, 63 gerai telanjur hangus.

Asri (42), pemilik Toko Buku Lestari, baru mengetahui kabar kebakaran pukul 06.00. Hanya 30 buku dan komik di tokonya yang selamat. “Kerugian kalau dihitung sampai 200 juta,” kata Asri.

Toko Buku Lestari merupakan sumber nafkah keluarga Asri. Oleh karena itu, dia bingung memikirkan biaya hidup keluarganya. Apalagi Asri masih berutang kepada bank yang harus dicicil Rp 2,5 juta per bulan.

Asisten Daerah II Bagian Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Bandung Taufik Rachman mengatakan, pemerintah kota akan membantu meringankan penderitaan pedagang. Ditambahkan, penyebab kebakaran belum diketahui. “Tapi belum tahu, bantuan nanti dalam bentuk apa. Kami baru akan membahas hal itu,” ujar dia.

Adapun Ketua Koperasi Pedagang Pasar Palasari Wawan Rukmana meminta polisi untuk segera membuka garis areal terlarang (police line) karena banyak pedagang ingin segera beraktivitas. Bila areal pasar masih ditutup, pedagang akan terus merugi. Kebakaran, menurut Wawan, membuat tiap korban merugi Rp 50 juta-Rp 200 juta.

Wawan mengatakan, semua pedagang menolak relokasi. Pasar Palasari adalah ciri khas pasar buku di Bandung.

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan