-->

Kronik Toggle

Pameran Arsip Nasional, Digelar di Balai Pemuda

Dalam rangka menginformasikan pentingnya arsip bagi masyarakat, Badan Arsip Jatim bekerjasama dengan Museum Kedokteran Unair, DHD 45 Jatim, Museum Kesehatan Dr. Adhyatna, PT. Matahari MKM & Perpustakaan Medayu Agung Surabaya, Senin (20/08) menggelar Pameran arsip dan Gelar Pelayanan Publik Kearsipan di Gedung Merah Putih kompleks Balai Pemuda Surabaya.

Ratusan koleksi foto yang bercerita tentang heroisme dan perjuangan masyarakat Indonesia termasuk warga Surabaya, ditampilkan dalam pameran yang digelar sampai dengan 24 Agustus 2007 mendatang itu. Beberapa buku edisi tempo doeloe juga dipamerkan.

“Ini merupakan pameran yang seharusnya disaksikan oleh generasi muda Indonesia, termasuk generasi muda kota Surabaya. Mengapa? Karena pameran ini lebih merupakan sebuah penelusuran cerita dan sejarah masa lalu bangsa Indonesia,” terang EDDY SAMSON anggota Surabaya Heritage, Senin (20/08).

Menurut EDDY SAMSON, pameran hasil kerjasama berbagai pihak ini tidak hanya menjadi sebuah pameran. Lewat foto serta buku-buku bersejarah yang dipamerkan, diharapkan mampu memberikan feed back akan kecintaan terhadap negeri ini.

Meski foto-foto yang ditampilkan dalam komposisi hitam putih, tetapi lebih dari itu, memberikan gambaran masa lalu yang sangat kental. Kondisi masyarakat diera tahun 40-an, saat itu juga ditampilkan dalam satu diantara foto-foto yang dipamerkan.

“Ternyata dimasa lalu, coretan didinding-dinding itu sudah ada. Kalau dulu menyatakan perlawanan pada penjajah. Mungkin sekarang ini anak-anak muda yang bikin coretan didinding itu juga ingin melawan kemapanan yang ada,” ujar FARID HARIYADI karyawan sebuah bank swasta yang tengah menyaksikan pameran, Senin (20/08).

Dalam pameran yang berlangsung hingga 24 Agustus 2007 tersebut, dipamerkan sekitar 204 arsip foto, teks serta peta jaman perjuangan dan kemerdekaan Republik Indonesia. Selain itu, juga dihadirkan layanan kearsipan bagi masyarakat umum seperti layanan konseling, layanan pengadaan reproduksi arsip, serta layanan penataan arsip bagi individu dan keluarga.(tok)

*)Suarasurabaya.net 20 Agustus 2007

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan