-->

Lainnya Toggle

Dokter Juga Punya Kamus

Oleh Fadila Fikriani Armadita

Ilmu pengetahuan terus berkembang. Pun istilah-istilah di setiap bidang garap. Dunia medis tentunya tak ketinggalan beranjak menuju perkembangan zaman. Banyak istilah yang hampir setiap zaman muncul mulai dari istilah bedah, anatomi, kedokteran klinis, kedokteran laboratorium. Istilah kedokteran kebanyakan muncul dari bahasa Yunani dan Latin.

Istilah kedokteran yang banyak diambil dari bahasa Yunani, menggabungkan dua suku kata menjadi satu dan memiliki satu arti. Misalnya istilah adenomalacia, yang berasal dari kata adeno+mala yang memiliki arti pelunakan abnormal pada kelenjar.

Secara universal, kamus kedokteran tak jauh berbeda dari kamus-kamus lainnya. Tentu saja kamus ini memuat hal-ihwal yang terkait dengan dunia kedokteran dari zaman tradisional sampai istilah kedokteran zaman modern. Seperti halnya kamus lainnya, lema kamus kedokteran disusun berdasarkan abjad, berurutan dari A sampai Z. Hanya saja yang membedakan kamus ini dengan kamus lainnya, seperti kamus Bahasa Indonesia, di kamus ini terdapat gambar untuk menunjukkan istilah yang termaktub dalam kamus. Tak semua bagian diberi gambar. Hanya beberapa lema yang memang menjadi kunci dan menarik banyak lema lainnya.

Pada kamus kedokteran ini suatu istilah dijabarkan sampai pada bagian terkecil istilah tersebut. Misalnya saja lema area. Dalam kamus area diartikan suatu ruang tertentu; istilah umum yang digunakan dalam tata nama anatomi untuk menunjukkan permukaan atau daerah fungsional yang spesifik.

Kemudian di bawah kata area dijelaskan lebih rinci hal-hal yang memiliki keterkaitan dengan area, lengkap mulai dari A-Z.

Kamus kedokteran tampaknya wajib dipakai oleh mereka yang berkutat pada dunia kedehatan. Meski pada buku-buku kedokteran atau kesehatan sudah dijelaskan secara runtut pengertian dari suatu istilah, kamus kedokteran selalu dibutuhkan. Bukan saja oleh mereka yang berkecimpung di dunia kedokteran, mereka yang tertarik ingin mengetahui dunia kedokteran pun bisa menggunakan kamus ini sebagai referensi.

Setidaknya kamus ini mempermudah bagi mereka merasa kesulitan ketika belajar tentang teori kedokteran atau menemukan kata sukar dan istilah yang asing. Kitab yang tebalnya bukan kepalang ini akan membantu dalam pembelajaran dunia kesehatan secara umum. Di sini, alamat bahasa semesta kedokteran dihampar.

Judul: Kamus Kedokteran
Penulis : Dorland
Penerbit: EGC Penerbit Buku Kedokteran
Cetakan: ke-29, 2000

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan