-->

Kronik Toggle

Peringati Hari Buku, IKAPI dan Penulis Gelar Demo

Jakarta:Bertepatan dengan hari buku 17 Mei 2006 Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) DKI Jakarta menggelar aksi demonstrasi simpati. Pukul 11.00 WIB para anggota IKAPI dan beberapa anggota pengarang berkumpul di depan Plaza Indonesia untuk melaksanakan aksi itu.

Ketua Pelaksana aksi, Junaedi, 34 tahun, mengatakan aksi kali ini baru berupa embrio untuk menumbuhkan minat baca masyarakat. Slogan ini misalnya “Discovering the joy of reading” diharapkan dapat membentuk suatu pemikiran dalam benak masyarakat bahwa membaca itu menyenangkan.

DItemui di lokasi aksi H. Usman, seorang pengarang mengatakan bahwa pengarang ikut meramaikan aksi ini karena pengarang adalah unsur utama dari buku.

Ia juga mengatakan bahwa dengan royalti rata-rata 10 persen yang diberikan penerbit sesungguhnya pengarang dapat hidup layak. Akan tetapi pengarang Indonesia belum berani menjadi pengarang profesional yang total menulis karena takut tak bisa hidup. Hal ini diamini Bambang Joko Susilo yang juga seorang penulis.

Aksi ini akan diwarnai dengan pembagian stiker di depan Hotel Niko dengan dibantu oleh beberapa mahasiswa dari Atmajaya Jakarta, Politeknik UI, dan sejumlah simpatisan.

Saat ini sekitar 10 orang sudah berkumpul di depan Plaza Indonesia untuk mulai aksi.

Meski ada aksi lalu lintas di bundaran HI lancar. Polisi juga tampak berjaga-jaga di lokasi aksi. asa estheria vipana

*) Dikronik dari Tempointeraktif, 17 Mei 2006

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan