-->

Peristiwa Toggle

Ratusan Buku Mendeskreditkan Dien Syamsudin Dibakar

Malang: Peserta Muktamar Muhammadiyah ke 45 dari Sulawesi Selatan membakar lebih dari 100 buku berjudul “Dien Syamsudin Sang Ambisius Penghancur Muhammadiyah” di Kampus III Universitas Muhammadiyah Malang, Jawa Timur, Sabtu (2/7).

Mereka menilai buku ini mendeskreditkan salah satu calon anggota Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Dien Syamsudin. “Buku ini berisi fitnah tokoh Muhammadiyah yang tergolong familiar di kalangan kader Muhammadiyah. Tak hanya Dien saja yang dirugikan, tetapi juga beberapa tokoh lain. Buku ini bisa merusak citra baik
Muhammadiyah,”kata Ketua Pimpinan Wilayah Sulawesi
Selatan, Nasruddin Razak.

Pembakaran itu, menurut Nasruddin, merupakan simbol pemusnahan terhadap segala fitnah. Penulis buku itu, menurutnya, menjelekkan Dien secara fisik dan menuding Dien telah merusak program dan aturan organisasi. Selain itu juga menyerang dengan menulis ambisi Dien Syamsudin yang berlebihan untuk menguasai amal usaha Muhammadiyah yang mengakibatkan Muhammadiyah terlibat hutang milyaran rupiah.

Penyebaran buku ini, menurut Nasruddin, mempunyai nilai politis untuk menjatuhkan Dien Syamsudin dari pencalonan Ketua PP Muhammadiyah. Dalam muktamar kali ini, Dien Syamsudin mempunyai peluang besar untuk menjabat sebagai Ketua PP Muhammadiyah. Terbukti, dalam pemilihan anggota PP Muhammadiyah, nama Dien Syamsudin masuk urutan 3 besar.

Menurut Nasruddin, buku-buku ini ditemukan berada di depan pintu kamar penginapan yang berlokasi di Kampus III UMM, Sabtu (2/7). Buku-buku itu ditempatkan dalam sebuah kotak karton bekas bungkus mie instan.

Diperkirakan, buku ini ditaruh pada Sabtu dini hari. “Saya menduga, buku ini dibuat oleh orang yang pernah membuat kesalahan besar di Muhammadiyah,”ujar Nasruddin.

Kader Muhammadiyah meminta Muhammadiyah bertindak tegas terhadap persoalan ini. Caranya antara lain dengan menarik buku itu dari peredaran dan memusnahkannya. Juga melacak otak di balik penerbitan buku ini.

Buku berjudul “Dien Syamsuddin Sang Ambisius Penghancur Muhammadiyah” dicetak dalam ukuran kecil (buku saku) setebal 104 halaman. Dalam buku disebutkan Angkatan Muda Muhammadiyah sebagai penerbit yang beralamat di Jl. KH Ahmad Dahlan 43 Yogjakarta.

Isi buku terbagi dalam 5 bab; Dien Syamsuddin Sang Ambisius, Managemen tukang cukur, Tidak Memahami Tradisi Muhammadiyah, Menjerumuskan Muhammadiyah dan Amal Usaha Dijadikan Agunan. Selain itu juga terdapat lampiran yang berisi Respon Warga Muhammadiyah dan berbagai arsip surat dari berbagai kalangan di Muhammadiyah yang mempertanyakan soal Bank Persyarikatan Indonesia.

Menurut beberapa kader Muhammadiyah, buku ini pernah beredar di arena Kongres PAN di Semarang beberapa waktu lalu dengan warna cover yang berbeda.

Bibin

*) Dikronik dari Tempointeraktif, 02 Juli 2005

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan