-->

Peristiwa Toggle

Tiga Tahun Penjara untuk Penulis Buku Jokowi Undercover

Majelis Hakim di Pengadilan Negeri Blora, Jawa Tengah, pada 29 Mei 2017 memutuskan vonis penjara 3 tahun untuk terdakwa Bambang Tri Mulyono, pengarang buku “Jokowi Undercover”. Oleh hakim Bambang Tri dinyatakan bersalah karena terbukti melakukan tindak pidana penyebaran rasa kebencian.

“Terdakwa dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang mengandung unsur pendiskriminasian suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) serta mengandung fitnah dengan mengaitkan terhadap kelompok masyarakat tertentu,” kata ketua majelis hakim Makmurin Kusumastuti.

Dalam menjatuhkan pidana tersebut, majelis hakim juga mempertimbangkan beberapa hal. Alasan yang memberatkan karena perbuatan terdakwa ditujukan kepada Presiden RI sebagai kepala negara yang seharusnya dihormati.

Bambang ditetapkan sebagai tersangka karena menulis buku ‘Jokowi Undercover’. Buku tersebut dianggap berbau SARA. Bambang menggunakan media sosial untuk mendistribusikan buku itu. Tidak ada toko buku yang menjual hasil karyanya tersebut.

Bambang dijerat Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis, serta Pasal 207 KUHP tentang Penghinaan terhadap Penguasa.

Demikian dikabarkan detik.com, tempo.co, dan kompas.com.

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan