-->

Agenda & Donasi Toggle

11 Januari 2017 | Pertunjuk Teater Berbasis Ludruk “Sarip Tambak Oso” | Yogyakarta

Hari, Tanggal: Rabu, 11 Januari 2017

Waktu: 19.30 WIB – Selesai

Tempat: Auditorium Teater ISI Yogyakarta, Jl. Parangtritis Km. 6,5 Sewon, Bantul, Yogyakarta

Tiket: RP. 15.000,-

 

Pertunjukan teater “Sarip Tambak Oso” berbasis Ludruk merupakan pentas tugas akhir yang diinisiasi dan dikelola secara kelompok oleh Rizky Ade Surachman, Giras, dan kawan-kawan Jawa Timur lainnya. Rizky Ade Surachman (Kiki) adalah seorang mahasiswa angkatan 2011 dari Jurusan Teater di Institut Seni Indonesia Yogyakarta dengan minat konsentrasi penciptaan teater (penyutradaraan). Kiki pernah menjadi sutradara dalam beberapa pentas teater “Penyanyi Tenor” (2013), “Godlob” (2014), dan “Come and Go” (2015). Selain itu, dirinya juga pernah membuat film pendek fiksi dengan judul “Rambut Juara” (2011) dan film dokumenter dengan judul “Footwear”.

Sarip Tambak Oso menggunakan kerangka pertunjukan dasar pakem ludruk, namun dihadirkan dengan kemasan yang berbeda. Jika pada ludruk pakem, kelir digunakan sebagai background untuk menggambarkan suatu peristiwa atau latar tempat, maka dalam pertunjukan ini Kiki menghilangkan unsur tersebut dengan alternatif penggunaan set properti yang berbeda. Selain itu, pertunjukan ini juga mencoba mengkolaborasikan musik tradisi dan musik barat sehingga membantu peristiwa cerita yang lebih terlihat modern tanpa meninggalkan esensi pakem ludruk tersebut.

Sarip Tambak Oso menceritakan cerita rakyat atau legenda yang terkenal di Jawa Timur dan sering dipentaskan dalam pertujukan ludruk, terutama di daerah Surabaya dan Sidoarjo. Kisahnya tentang seorang pencuri budiman bernama Sarip yang berani menentang pemerintahan kolonial Hindia – Belanda pada saat itu. Pertunjukan ini akan dihelat pada Rabu, 11 Januari 2017, pukul 19:30 WIB di auditorium Teater Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Tiket bisa dibeli langsung pada hari H atau melalui pemesanan ke kontak person: 085708432474 (IIN RAHAYU) dengan mencantumkan identitas diri dan jumlah tiket yang ingin dibeli.

 

Info                 : Rizkyade09@gmail.com

twitter             : @kiwmono

Instagram        : @kiwmono

Facebook         : kikiw atinc

HP/WA            : 085645412447 (Kiki)

 

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan