-->

Resensi Toggle

#10KutipanBuku Haruki Murakami, “What I Talk About When I Talk About Running”

Pada 2016, Bentang Pustaka menerbitkan karya Haruki Murakami berjudul What I Talk About When I Talk About Running. Apa isi buku setebal 197 halaman itu? Ageng Indra, mahasiswa Film dan TV ISI Yogyakarta, menyusun 10 kutipan kalimat atau paragraf penting dalam buku tersebut.

1. Rasa sakit itu tak terelakkan, tapi penderitaan adalah pilihan.

2. Hal terpenting yang pernah kita pelajari di sekolah ialah fakta bahwa hal-hal penting tidak dapat dipelajari di sekolah.

3. Pada dasarnya, hidup memang tidak adil. Tidak ada yang salah dengan itu. Namun bahkan dalam situasi yang tidak adil itu,kupikir masih ada kemungkinan untuk mencari suatu keadilan.

4. Jika aku terbiasa menggunakan kesibukan sebagai alasan untuk tidak berlari, aku tidak akan pernah berlari lagi. Aku hanya punya sedikit alasan untuk berlari, tetapi punya segudang alasan untuk berhenti. Semua yang perlu kulakukan hanyalah memoles yang sedikit itu dengan baik.

5. Otot manusia seperti binatang pekerja yang cepat belajar. Jika kamu meningkatkan jumlah lari selangkah demi selangkah, otot-otot itu akan belajar menerimanya.

6. Dengan berlari lebih lama daripada biasanya, aku bisa menggunakan energi fisik untuk mengalihkan bagian yang menyakitkan itu. Berlari juga membuatku sadar lagi betama lemahnya aku, betapa terbatasnya kemampuanku, secara fifik aku tahu kelemahan-kelemahanku. Selain itu salah satu hasil berlari lebih jauh ketimbang biasanya adalah aku semakin kuat.

7. Namun seberapapun besarnya niat seseorang, seberapapun bencinya ia pada kekalahan, jika hal itu merupakan sesuatu yang tidak benar-benar disukai, dia tidak akan bisa bertahan lama menerusakannya. Sekalipin dia tetap meneruskannya, hasilnya tidak akan baik bagi dirinya.

8. Manusia memiliki nilai dalam diri mereka dan cara hidup masing-masing begitu juga aku/ Perbedaan-perbedaan itu menimbulkan ketidaksetujuan, dan kombinasi berbagai ketidaksetujuan itu bahkan dapat menimbulkan kesalapahaman yang lebih luas. Hasilnya, terkadang kita harus menerima kritik yang tak berdasar.

9. Selama berlari aku tidak perlu biacara dengan orang lain atau mendengar pembicaraan orang lain. Cukup dengan menikmati pemandangan dan menjadikannya kesempatan untuk instrospeksi diri.

10. Tidak ada satu pun dalam kenyataan yang seindah ilusi yang dibayangkan orang yang hampir kehilangan kesadaran.

CATATAN

#10KutipanBuku adalah bagian proses pembelajaran peserta Kelas Radio Buku untuk membaca buku secara tuntas dan memilih-tuliskan sepuluh kalimat/paragraf terpenting dalam buku tersebut.

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan