-->

Peristiwa Toggle

SEKOLAH MENULIS BALAI BAHASA DIY

 

edit

Pendaftaran peserta: 28 September—4 Oktober 2016

Dalam upaya mendukung tradisi literasi itulah Balai Bahasa Daerah Istimewa Yogyakarta, sebagai lembaga pemerintah yang melaksanakan pembangunan nasional di bidang kebahasaan dan kesastraan, pada tahun 2016 menyelenggarakan kegiatan Sekolah Menulis. Sasaran peserta adalah siswa SLTA dan Mahasiswa S-1 di DIY. Kegiatan tersebut dimaksudkan sebagai sebuah usaha mengembangkan kerja kreativitas generasi muda di Yogyakarta melalui kegiatan menulis.

Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Balai Bahasa DIY terhadap kemajuan tradisi literasi bagi generasi muda, khususnya pelajar SLTA dan Mahasiswa yang ada di DIY. Untuk merealisasikan kepedulian tersebut, dibuka berupa kelas menulis bahasa dan sastra. Kelas bahasa akan difokuskan pada penciptaan esai, sedangkan kelas sastra akan difokuskan pada penciptaan cerpen. Kegiatan Sekolah Menulis dinilai penting dalam upaya peningkatan sikap kritis dan daya analisis dalam memahami berbagai gejala yang ada dan pemasyarakatan budaya baca tulis generasi muda.

Peserta Sekolah Menulis tahun 2016 ialah siswa SLTA dan Mahasiswa di DIY. Jumlah peserta 50 orang dengan ketentuan kelas sastra terdiri dari 25 peserta dan kelas bahasa terdiri dari 25 peserta. Peserta dibimbing oleh narasumber, para praktisi sastra dan bahasa yang berpengalaman di bidang penulisan cerpen dan di bidang penulisan esai. Pada kelas bahasa peserta akan dibimbing oleh Hairus Salim H.S. (pendiri dan pembina situs www.kalatida.com) dan Muhidin M. Dahlan (kerani di Indonesia Buku). Sedangkan pada kelas sastra peserta akan dibimbing oleh Indra Tranggono (cerpenis dan pengamat budaya) dan Eko Triono (cerpenis).

Pendaftaran peserta dimulai tanggal 28 September—4 Oktober 2016. Setiap calon peserta hanya diperbolehkan mendaftarkan diri ke dalam salah satu kelas, yakni kelas sastra atau kelas bahasa. Calon peserta wajib mengisi formulir pendaftaran yang dapat diunduh di www.balaibahasa.org. Calon peserta kelas sastra wajib menulis sinopsis cerpen dalam 250 kata, sedangkan calon peserta kelas bahasa wajib menulis alasan mengikuti kegiatan sekolah menulis dalam 250 kata yang nantinya akan diseleksi sebagai syarat penerimaan calon peserta. Formulir pendaftaran dan tulisan syarat ketentuan pendaftaran dikirim ke alamat pos-el sekolahmenulis@balaibahasa.org.

Peserta Sekolah Menulis Balai Bahasa DIY sejumlah 50 orang yang lolos seleksi akan diumumkan tanggal 6 Oktober 2016 di Balai Bahasa DIY, melalui laman, media sosial, dan SMS. Pelaksanaan kegiatan adalah setiap hari Sabtu, tanggal 8, 15, 22, 29 Oktober, 5, 12, 19, 26, November, 3, 10 Desember pukul 13.00 sampai 16.00. Sekretarian kegiatan ini di Balai Bahasa Daerah Istimewa Yogyakarta, Jalan I Dewa Nyoman Oka 34, Yogyakarta dengan narahubung: Latief S. Nugraha (085292588555).

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan