-->

Agenda & Donasi Toggle

21-23 OKTOBER 2016 | PERTEMUAN NASIONAL PENDIDIKAN ALTERNATIF | YOGYAKARTA

pendidikan-alternatif

Pertemuan Nasional Pendidikan Alternatif

21-23 Oktober 2016

Sanggar Anak Alam (SALAM)

Jalan Nitiprayan, RT 04, Kasihan, Bantul, Yogyakarta

Unduh rundown acara di sini

Pertemuan Nasional Pendidikan Alternatif merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Jaringan Pendidikan Alternatif atas kebutuhan akan pentingnya peran pendidikan alternatif sebagai salah satu pilihan model pendidikan yang berpotensi untuk bisa memenuhi hasrat masyarakat mendapatkan pendidikan berkualitas yang dilandasi oleh kemerdekaan anak untuk memperoleh pendidikan sesuai dengan karakter dan kebutuhan anak.

Gagasan untuk menyelenggarakan pertemuan nasional ini telah muncul pada saat Dialog Nasional Pendidikan Alternatif dengan tema “Merayakan Kemerdekaan Anak”, 17 Mei 2016 di Jakarta. Dari dialaog nasional inilah kesadatan akan semakin pentingnya keberasaan pendidikan alternatif baik sebagai kritik atas pendidikan nasional maupun sebagai praksis pendidikan yang mencerdaskan anak-anak merdeka, memunculkan gagasan dari beberapa lembaga maupun komunitas penyelenggara pendidikan alternatif untuk melaksanakan Pertemuan Nasional Pendidikan Alternatif.

Untuk menyelenggarakan Pertemuan Nasional Pendidikan Alternatif ini, beberapa lembaga dan komunitas penyelenggara pendidikan alternatif membentuk wadah yang dinamakan Jaringan Pendidikan Alternatif, terdiri dari Sanggar Anak Akar, Sekolah Tanpa Batas (STB), Yayasan Setara, Sanggar Anak Merdeka Indonesia (SAMIN), Rumah Inspirasi, Peduli Musik Anak (PMA), Eurodio School of Art (ESoA), Hand on Poor and Education (HOPE), Yayasan Festival Film Pelajar Jogjakarta (YFFPJ), Sanggar Anak Alam (SALAM), Suara Anak, dan Radio Buku.

Setelah mendeklarasikan diri pada 31 Juli 2016, Jaringan Pendidikan Alternatif melakukan serangkaian diskusi dengan tema besar “Pendidikan Alternatif yang Memerdekakan Anak” di beberapa kota  yaitu Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Bandung, dan Jakarta.

Pendaftaran peserta telah dibuka sejak bulan Agustus 2016 dan ditutup pada tanggal 18 Oktober 2016. Sebanyak 250 peserta yang mewakili 43 lembaga, komunitas, sekolah, maupun peserta mandiri dari berbagai daerah di Indonesia akan ikut dalam pertemuan Nasional Pendidikan Alternatif ini.

Pertemuan Nasional Pendidikan Alternatif akan dilaksanakan pada tanggal 21-23 Oktober 2016 di Sanggar Anak Alam (SALAM), Jalan Nitiprayan, RT 04, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Pertemuan nasional ini tidak hanya mejadi kesempatan tatap muka atau sekadar berbagi, tetapi juga utamanya untuk menguatkan jaringan dan memperbesar peran pendidikan alternatif dengan beragam model pendidikannya yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Selain itu juga merumuskan rekomendasi dan rencana aksi tindak lanjut yang sinergis dengan pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan pendidikan yang memerdekakan anak sesuai konteks keragaman budaya yang tersebar di Indonesia.

Adapun jadwal acara dalam Pertemuan Nasional Pendidikan Alternatif ini yaitu Seminar Nasional Pendidikan Kritis, Pertemuan Nasional Penyelenggara Pendidikan Alternatif, dan Kongres Anak Merdeka.

Yogyakarta, 19 Oktober 2016

Jaringan Pendidikan Alternatif

Aar Sumardiono

(CP: 081511161052)

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan