-->

Agenda & Donasi Toggle

15 MEI 2016 | PAMERAN SENI RUPA DAN LAUNCHING ERUNA GALLERY

 “GERBANG WACANA”

Perupa membutuhkan ruang yang representatif guna mengapresiasikan hasil karyanya kepada publik seni dan peminat karya seni. Ruang seni yang masih sangat terbatas dan sulitnya birokrasi serta mahalnya biaya penggunaan fasilitas untuk mengapresiasikan atau publikasi karyanya, merupakan permasalahan yang sering dijumpai para perupa. Permasalahan ini dialami oleh para perupa pemula atau perupa yang mencari peminatnya.

Dibangun atas inisiatif dan pendanaan pribadi Mulyani Prapto Sarjono, ERUNA GALLERY sudah didirikan sejak tahun 2010. Keberadaannya terus dibenahi mengikuti kebutuhan ruang yang representatif. Tanggal 15Mei 2016, guna menjawab tantangan perkembangan dunia seni terkini, setelah seluruh kesiapan fasilitas dan managemen, Eruna Gallery dianggap sudah cukup memadai dan siap berpartisipasi dalam perkembangan seni rupa Indonesia.

Peresmian ERUNA GALLERY pada tanggal 15 Mei 2016 ditandai dengan pameran seni rupa bersama 31 seniman Magelang dan Yogyakarta, menjadi Gerbang Wacana bagi seniman dan karyanya. Pameran yang diikuti oleh 31 seniman ini menampilkan karya seniman dari beberapa generasi. Dari Jogjakarta 25 seniman Andi Ramdani Bamboo, Jajang Kawentar, Anto Sukanto, Ristianto Cahyo Wibowo, Rojal Fikri, Enggar Pujana, M. Amrozi, Siddek Yamenea, Salim, Jatmiko Wahono, Mulyani Prapto Sarjono, Asnan, Jose Rizal, Luken Biantoro, Uret Pari, Januri, Basori, Satya Budhi, Agus Ismoyo, En Roel, Viktor Sarjono, Yulius HP, Picuk Asmara, Naima Farid, Katirin dan dari Magelang 6 Seniman diantaranya, Arif Safari, Hatmjo, Asrul Sani, Mang Yani, Yulius Iswanto dan Arif Sulaeman.

ERUNA GALLERY merupakan ruang bagi para perupa guna mengapresiasikan karyanya kepada masyarakat seni yang dirancang bersenyawa dengan ruang resto. Gallery dengan apresiatornya, menjadi gerbang peluang bagi para seniman, sebagai alternatif ruang untuk memenuhi kebutuhan apresiasi sekaligus pewacanaan karya ke depan. ERUNA GALLERY tidak hanya akan memfasilitasi ruang bagi para perupa saja tetapi juga bagi para kriyawan, para perajin seni yang berada di Magelang sekitarnya dan Yogyakarta, serta perajin dari mana saja yang berminat mengapresiasikannya.

Kehadiran ERUNA Gallery sebagai ruang baru, tentunya akan memberi warna baru dan kemungkinan baru.  Seperti akronim dari kata ERUNA sendiri yaitu Elegant, Romantic, Unique, Natural dan Artistic, ERUNA Gallery berharap mampu menawarkan sebuah ruang pertemuan yang akan mempertemukan seniman dan karyanya dengan para apresitor yang luas. Lebih luas lagi, diharapkan bisa dijadikan jembatan apresiasi dan ruang pertemuan yang dinamis, harmonis, serta berkesinambungan.

Eruna Gallery tepat berada di kompleks Pondok Makan & Pemancingan Rejosari, Jl. Raya Borobudur Km. 3 Selag, Pabelan,  Mungkid, Magelang. Galleri ini ada guna menjawab kegelisahan komunitas seni Yogyakarta yang sangat padat dan tidak pernah cukup terakomodir dengan baik oleh satu dua ruang seni alternatif. ERUNA GALLERY mencoba menambah hitungan ruang seni itu, setidaknya mengurangi kepadatan dunia seni rupa Yogyakarta. Galeri ini menjadi ruang yang menghubungkan antara seniman, penikmat seni dan peminat karya-karyanya.

Magelang dipilih sebagai lokasi pendirian ERUNA GALLERY guna memperluas jangkauan presentasi perupa Yogyakarta dan menjembatani kerjasama yang lebih erat dengan perupa Magelang, serta menjalin kerjasama dengan para perajin yang berada di sekitar lokasi galleri. Dalam pengembangan dan pemasaran karya seninya, Eruna Gallery akan bekerjasama dengan berbagai pihak baik hotel-hotel, pengusaha, outlet-outlet di dalam dan luar negeri.

Magelang juga dipilih sebagai lokasi pendirian karena ruang alternatif bagi perupa telah berkurang, sedangkan di sisi yang lain komunitas seni Yogyakarta kian padat, sehingga tidak pernah cukup untuk mengakomodirnya. ERUNA GALLERY hadir sebagai ruang seni alternatif, menambah hitungan ruang seni, setidaknya dapat mengurangi kepadatan dunia seni rupa Yogyakarta. Dalam pelaksanaannya Eruna Gallery menerima propsal pameran, workshop seni atau diskusi pengembangan wacana yang menciptakan gairah berkesenian dan gairah pasar seni. Eruna Gallery juga mendukung kesinambungan kehidupan berkesenian dan kehidupan kesenimanan yang terus menuntut regenerasi serta penyegaran gagasan-gagasan.

Eruna Gallery menerima konsinyasi karya seniman baik karya dua dimensi maupun tiga dimensi dari berbagai disiplinnya. Oleh karena itu dengan adanya ERUNA Gallery bisa memberikan penyegaran bagi alternatif karya para perupa dari berbagai daerah di dalam dan luar negeri.

Semoga dalam pameran perdana yang sekaligus menandai pembukaan Eruna Gallery bagi masyarakat umum, mendapat dukungan dari berbagai pihak, terutama seniman dan para peminat karya-karyanya serta diberkahi Tuhan yang Maha Esa.

 

Mulyani Prapto Sarjono – Pemilik Eruna Gallery

Djatmiko Wahono – Koordinator kegiatan

Yaksa Agus – Kurator

Jajang Kawentar – Sekretaris

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan