-->

Agenda & Donasi Toggle

16/04/2016 | PELUANG & STRATEGI BISNIS ONLINE SHOP BAGI MAHASISWA | di PKKH UGM

Bisnis OnlinePerubahan habit atau kebiasaan belanja online di dunia semakin semarak. Perubahan ini disebabkan oleh banyak hal. Tentunya perkembangan dan penerapan IT menjadi penyumbang terbesar perubahan ini. Seperti yang dikutip Fathul Wahid (Teknologi Informasi, Pembangunan, dan Ruang Publik; Melayang dari Masa Depan, Graha Ilmu, 2013), Walsham mengatakan ‘… dunia yang lebih baik adalah tujuan etis (ethical goals) penerapan TI’. (Walsham, 2012, profesor University of Cambridge, Inggris).

Berangkat dari ethical goals penerapan IT di atas, tentunya banyak hal kehidupan yang bisa dibuat menjadi lebih baik melalui penerapan IT yang benar dan tepat. Perdagangan atau jual beli salah satu aspek kehidupan yang bisa dijadikan lebih baik melalui penerapan teknologi. Perdagangan melalui internet atau transaksi jual beli online atau daring adalah contohnya. Saat ini begitu tinggi tingkat kelahiran online shop. Apalagi didukung juga dengan merebaknya konsep marketplace.

Kehadiran marketplace semakin memudahkan siapapun, mulai peorangan sampai perusahaan, tidak repot lagi untuk memiliki sebuah toko. Pada kategori perorangan, mulai pelajar, mahasiswa, ibu-ibu rumah tangga, profesional, atau siapapun asalkan ‘melek’ internet. Nilai yang lebih strategis lagi dari olshop, adalah luasnya jangkauan pasar. Nyaris tak terbatas, mulai pelosok, kota kecil, pulau terpencil, nasional dan internasional, asal terjangkau internet.

Perubahan ini sunggu disayangkan jika tidak dimanfaatkan untuk menjadikan dunia lebih baik. Oleh karena itu, Penerbit Graha Ilmu melalui Divisi Graha Ilmu Online, sebagai wujud dari CSR ingin memberikan free seminar kepada mahasiswa tentang Peluang & Strategi Bisnis Online Shop khusus kepada mahasiswa. Menilik bisnis proses olshop dan marketplace yang ada, menjadikan bisnis ini sangat relevan dan cocok untuk mahasiswa. Sekaligus memberikan wacana mutakhir tentang pergeseran model kewirausahaan.

Apabila kemudian ada pertanyaan, mengapa seminar ini khusus diperuntukkan bagi mahasiswa, tiada lain karena terkait dengan konteks penyelenggaranya, yaitu Penerbit Graha Ilmu. Selama ini, Graha Ilmu adalah sebuah lembaga penerbitan buku dengan spesialisasi buku-buku literatur perguruan tinggi. Koleksi buku-buku yang pernah diterbitkan oleh Graha Ilmu hampir dari semua jurusan yang ada di perguruan tinggi. Oleh karena itu, Graha Ilmu merasa terpanggil untuk memberikan sesuatu kepada kalangan mahasiswa.

Yang kedua, melihat perkembangan peta konvensional outlet buku di Indonesia, untuk buku-buku kategori tertentu, termasuk buku literatur perguruan tinggi, aspek kemudahan dan kemerataan aksesnya semakin jauh dari maksimal. Nyaris, outlet buku konvensional yang ada saat ini, baik jaringan maupun lokal, hanya ada di kota-kota besar. Kemudian diperparah lagi dengan semakin mengecilnya, dari waktu ke waktu, alokasi area untuk kategori buku di outlet-outlet tersebut.

Pembicara
1. Lingga Archie Hutabarat – Leader Book Category Bukalapak.Com

a. Materi Seminar :
‘Sukses Berselancar di Pasar Online Terbesar di Indonesia’

b. Materi Workshop:
“Tips dan Trik agar Lapak bisa laris di Bukalapak.com’

2. Arif Abdulrakhim – Direktur Penerbit Graha Literata
Materi:
‘Potensi & Peluang Bisnis Online Buku Perguruan Tinggi di Indonesia’

Jadwal Acara
Pk.08.30 – 09.00 : Registrasi Peserta
Pk.09.00 – 09.15 : Pembukaan
Pk.09.15 – 10.00 : Presentasi Pembicara I
Lingga Archie Hutabarat
Materi:
‘Sukses Berselancar di Pasar Online Terbesar di Indonesia’
Pk.10.00 – 10.40 : Presentasi Pembicara II
Arif Abdulrakhim – Direktur Penerbit Graha Literata
Materi :
‘Potensi & Peluang Bisnis Online Buku Perguruan Tinggi di Indonesia’
Pk. 10.40 – 12.00 : Workshop dari Bukalapak
Materi:
‘Potensi & Peluang Bisnis Online Buku Perguruan Tinggi di Indonesia’
Diskusi

Waktu & Tempat:
Sabtu, 16 April 2016
Pk.08.30 – 12.00 WIB
Gegung PPKH UGM

Pelaksana:
Graha Ilmu Online Yogyakarta
Alamat Kantor: Ruko Jambusari 7A Yogyakarta 55283
Telepon 0274-889398, 882262 Facs. 0274-889057
SMS Gateway 0857 2798 0088 – WA 0857 2798 0088
www.grahailmu.co.id – email: info@grahailmu.co.id

PIC : Arif Abdulrakhim – HP/WA 0812 155 1801 – arif@grahaliterata.com

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan