-->

Peristiwa Toggle

Inilah Pernyataan Resmi UWRF Terkait Pembatalan Program Terkait “65”

Dalam situs resmi Ubud Writers & Readers Festival, ubudwritersfestival.com, tertanggal 23 Oktober 2015, mengumumkan secara resmi pembatalan beberapa programnya terkait dengan tema “1965”. Berikut adalah isi pernyataannya:

Pada hari ini, Jumat tanggal 23 Oktober 2015, dengan berat hati Ubud Writers & Readers Festival secara resmi mengumumkan beberapa sesi yang dibatalkan.

Tiga diskusi panel terkait Rekonsiliasi dan Pemulihan, pemutaran film The Look of Silence karya Joshua Oppenheimer, dan pameran serta peluncuran buku The Act of Living tidak dapat dilaksanakan. Terkait satu dan lain hal, program-program tersebut terpaksa harus dibatalkan. Pembatalan tersebut dilakukan berdasarkan masukan dari pihak keamanan dan pemerintah setempat. Masukan diberikan pada sejumlah pertemuan, termasuk pertemuan koordinasi yang melibatkan pihak panitia dan sejumlah instansi pemerintah di Mapolres Gianyar pada Jumat (23/10) siang.

Komite festival telah mengupayakan yang terbaik, serta berdiskusi hingga titik akhir. Namun pada akhirnya festival disarankan untuk tidak melanggar ketentuan yang telah ditetapkan, dengan pertimbangan keberlangsungan festival kedepannya.

Permohonan maaf kami sampaikan sedalam-dalamnya kepada pengunjung, partisipan yang telah menyumbangkan segenap waktu dan tenaga mereka: termasuk Joshua Oppenheimer, the Herb Feith Foundation, dan yang mengalami dampak langsung dari isu tersebut.

Besar harapan festival terus mampu menjadi medium untuk pembahasan mendalam serta membangun kedepannya. Kami tetap akan melanjutkan program-program lain yang tidak kalah menarik, seiring dengan visi dan misi festival untuk tetap menghadirkan keragaman dan kekayaan Nusantara.

Lebih dari 200 program dengan pembahasan terkait penulisan kreatif, budaya, penuturan kisah dari para penulis, jurnalisme dan masih banyak lagi. Serta pemutaran belasan film lainnya, pertunjukan musik dan seni akan tetap berlangsung selama lima hari dari tanggal 28 Oktober – 1 November 2015.

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan