-->

23Tweets Toggle

23Tweets | Komunitas – Mojok.co (Arlian Buana) | Yogyakarta

Mojok.co adalah salah satu media online yang berdiri sejak Agustus 2014. Memasuki usia 1 tahun, Mojok.co tumbuh menjadi media segar yang tengah digandrungi masyarakat. Arlian Buana, salah satu pendiri dan kini jadi Pimpinan Redaksi Mojok.co, hadir di Radio Buku dan mengisahkan sejarah berdirinya Mojok.co.
Booklovers, sila simak #23tweets-nya.

Arlian Buana - Mojok

1 Arlian Buana, tinggal di Dusun Drono, Jl. Kaliurang, km 10. Sempat kuliah di UIN Jakarta Hubungan Internasional.

2 Mojok.co pertama kali diluncurkan pada 28 Agustus 2014 dan dipunggawani oleh 6 orang yakni Putut EA, Arlian Buana, @rifqidab @macan_remrem dan @buluhijau.

3 Berawal dari obrolan di klinik buku KBEA, muncul ide pada Maret 2014. Mojok.co kini breusia satu tahun.

4 Dunia butuh warna, Mojok.co hadir dengan ciri khasnya sendiri ke tengah-tengah media online Indonesia.

5 Awalnya, Bana kirim surat ke 20 penulis untuk menulis di Mojok.co. Dari 20 penulis itu dipilihlah enam tulisan terpilih untuk diterbitkan.

5 Menurut Bana, unsur penting dalam tulisan di Mojok.co adalah punya sikap, politis, segar, dan mengandung humor.

7 Enam orang penulis pertama di Mojok.co adalah Arman Dhani, Nuran Wibisono, Gita Wiryawab, Abdullah Alawi, Agus Mulyadi, dan Zuhana.

8 Kini, 10-20 naskah diterima Bana dalam satu hari. Dari sekian banyak naskah, lebih banyak yang ia tolak ketimbang terbitkan.

9 9 Salah satu tulisan berkarakter di @mojokdotco diwakili oleh tulisan @AgusMagelangan. Ia banyak bikin kutipan yg menarik semisal Bajingan Gak Apa-apa yang Penting Rangga, kata @arlianbuana.

10 Dalam rangka ulang tahun pertamanya, Mojok.co meluncurkan 50 tulisan terbaik Mojok dalam bentuk buku. Banyak yang berubah ketika dalam format buku dan online, beberapa kata harus disensor seperti kata djancuk.

11 Tulisan paling banyak pengunjungnya hingga kini di Mojok.co adalah milik Iqbal Aji berjudul “Surat Terbuka Kepada Pemilih Jokowi Sedunia”, hingga kini diklik 1 jutaan tangan viewers.

12 Pengunjung mojok.co sehari minimal mencapai 10ribu dan normalnya 20-30 ribu. Apakah kamu salah satu pengunjung tetap Mojok.co?

13 Tulisan terakhir Mojok.co yang paling terkenal adalah “Pesan Bayu Kumbara untuk Jomblo Sedunia” milik Prima Sulistia. Tulisannya banyak disebarkan orang karena Prima pandai dalam membalut tulisannya #@arlianbuana.

14 Booklovers yang mau mengirim tulisan ke Mojok.co bisa kirim ke redaksi@mojok.co akan langsung dibaca sang penjaga portal @arlianbuana.

15 Sampai bulan Februari, Mojok.co sempat rutin menggelar acara Mojok Bareng dan membicarakan isu-isu terhangat dan terkini.

16 Setelah ulang tahun pertamanya, Mojok bersiap untuk mengembangkan sayap.

17 Bana bisa membaca sejak sebelum ke sekolah diajarai sang Bapak. Ketika SD ia bertemu Bu fatmawati, guru bahasa Indonesia yang cantik.

18 Buku Tebal yang pertama kali @arlianbuana baca tentang Wali Songo, saat dia masih SD. Ia lupa penulisnya, yang ia ingat, setelah selesai membaca ia ditantang sang Bapak untuk menceritakan kembali.

19 Saking cintanya membaca, Bana kecil rela merogoh kutang sang Nenek untuk membeli komik. Ia rajin mencuri dangan mengudal-udal kutang neneknya, lama-lama bukunya menumpuk hingga sang nenek sadar duitnya hilang.

20 Ketika sekolah di Magelang, @arlianbuana selalu ingat buku yang paling ia cintai dan ingat adalah Bumi Manusia milik Pram. Ia selalu kagum pada Nyai Ontosoroh yang heroik.

21 Selalu ada hal baru yang saya temukan setiap kali membaca ulang Bumi Manusia, @arlianbuana.

22 The Absolutely True Diary of a Part-Time Indian karya Sherman Alexie juga kesukaan @arlianbuana

23 Buku The Absolutely True Diary of a Part-Time Indian unik, menceritakan sudut pandang kemiskinan dengan humor dan tidak membosankan, @arlianbuana.

Sekian Program Komunitas bersama Mojok.co dan Arlian Buana. Sampai jumpa di Program Radio Buku yang lain. Salam literasi!

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan