-->

Tokoh Toggle

Riris K Toha Sarumpaet | Bacaan Anak | Jakarta

RIRIS K TOHA SARUMPAET, Dari Sastra ke Filsafat_BukuPenulis monolog Cairan Perempuan, Riris K Toha Sarumpaet (65), kini makin disibukkan oleh kegiatan akademik di kampusnya, FIB-UI. Tak hanya sebagai Ketua Dewan Guru Besar FIB-UI, tetapi juga lantaran tugas “baru”-nya sebagai Ketua Departemen Filsafat FIB-UI.

Tak heran jika perempuan kelahiran 24 Februari 1950 di Tarutung, Sumatera Utara, ini mulai jarang “beredar” di forum kesastraan atau terlibat diskusi mengenai bacaan anak di negeri ini. Tak muncul pula karya-karya kreatif semacam cerpen dan drama dari tangannya.

“Departemen Filsafat memang perlu perhatian penuh. Sejak senior-senior seperti Ibu Toety Herati pensiun, di sini terjadi kesenjangan. Ini yang perlu disikapi agar dalam waktu dekat muncul guru besar baru bidang filsafat di FIB-UI,” kata Riris saat ditemui seusai bertindak sebagai promotor disertasi Hendra Kaprisma yang diujikan di kampus UI Depok, Kamis (9/7).

Sastra dan filsafat memang banyak bersinggungan. Akan tetapi, sejatinya dunia keseharian peraih master (MSc) dan doktor (PhD) dari Univesitas Wisconsin, Madison, AS, ini adalah dunia kesusastraan. Namun, baik filsafat maupun sastra adalah dunia yang sepi. Paling tidak itu tersingkap lewat nasihat Riris kepada keluarga promovenda seusai sang promovenda dinyatakan lulus dan berhak meraih gelar doktor ilmu susastra. “Pekerjaannya banyak, tetapi uangnya tidak seberapa,” kata Riris. (KEN)

Sumber: Kompas, 14 Juli 2015. Diarsipkan di gudang warungarsip.co

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan