-->

Agenda & Donasi Toggle

Press Release #RamaikanSelatan Sembilan Tahun Indonesia Buku, Delapan Tahun Apresiasi Sastra

Tanggal: 22 – 23 April 2015

Pukul: 19.00-01.00 WIB

Tempat: Radio Buku, Jl. Sewon Indah I, Sewon, Bantul, D.I. Yogyakarta.

Bertepatan dengan Hari Kartini (21), Hari Bumi (22) dan Hari Buku (23), Yayasan Indonesia Buku atau lebih dikenal dengan nama IBOEKOE kembali menyelenggarakan perayaan literasi bertajuk #RamaikanSelatan. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk merayakan sembilan tahun Ibeokoe berdiri sejak 21 April 2006.

Lembaga ini, selain sebagai lembaga riset yang mewadahi kegelisahan anak-anak muda, juga melakukan pengarsipan media massa dan kronik buku Indonesia. Untuk itu, Ibeokoe melebarkan sayap dengan mendirikan Radio Buku (2011) dan Warung Arsip (2013). Keduanya bisa diakses melalui radiobuku.com dan warungarsip.co. Sebagai badan usahanya, Ibeokoe kemudian mendirikan Bintang Mataram 1915, sebuah coffee shop yang dimaksudkan sebagai tempat nongkrong bagi para pecinta dan pekerja buku.

Pada kegiatan #RamaikanSelatan ini, rangkaian agenda yang adakan adalah Launching Katalog Offline Warsip, Launching Dinding Massa, Launching Studio Radio Buku, Launching Buku Aku dan Buku: Kisah-kisah Pertemuan Pribadi dengan Buku, Launching Coffee Shop Bintang Mataram 1915. Sebagai hiburan, ditampilkan pula musik akustik dan monolog esai oleh mahasiswa ISI Yogyakarta. Seluruh rangkaian acara ini diselenggarakan pada Hari Rabu, 22 April 2015, pukul 19.00 – 01.00.

Pada hari berikutnya, Kamis, 23 April 2015, di tempat dan jam yang sama, diadakan pula Apresiasi Sastra: Obrolan 10 Karya Sastra dalam Semalam. Komunitas ini dibentuk oleh pecinta sastra dari milis online dan kemudian memanfaatkan grup di facebook. Acara ini diselenggarakan untuk yang kedelapan kalinya dan didukung oleh beberapa penerbit. Di antaranya adalah Serambi, Nuansa Cendekia dan Gramedia. Sebagai pemandu acara, Endah SR dijadwalkan untuk memoderatori seluruh obrolan karya ini. Karya sastra yang akan dibahas adalah:

ESAI: Pramoedya dalam Kelambu—Soesilo Toer. Pembahas: Raudal Tanjung Banua. Jejak Langkah Nafas Anak Agung Panji Tisna—Agung Brawida dkk. Pembahas: Didin Tulus.

PUISI: Aku Cukup Menulis Puisi, Masihkah Kau Bersedih—Pringadi Abdi Suryo. Pembahas: Rozi Kembara. Pagar Kenabian—Sofyan RH. Zaid. Pembahas: Aguk Irawan MN. Perahu Mabuk—Saut Situmorang. Pembahas: Tomi Febriyanto.

CERPEN: Semua untuk Hindia—Isakara Banu. Pembahas: Muhidin M Dahlan.

NOVEL: Perempuan Bernama Arjuna—Remy Sylado. Pembahas: Tri Agus Susanto. Magening—Wayan Jengki Sunarta. Pembahas: Saut Situmorang. Rahasia Imperia—Akmal Nasery Basral. Pembahas: Arie Saptaji.

TERJEMAHAN: Gabriela, Cengkih dan Kayu Manis—Jorge Amado (Penerjemah: Ingrid Nimpoeno). Pembahas: Thomas Blarer.

CP. Radiobuku 0274-4531054

Fairuzul Mumtaz: 085868357537

Twitter @radiobuku

FB: Radio Buku Live Streaming | (Grup) Apresiasi Sastra

Email: radiobuku@gmail.com

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan