-->

Komunitas Toggle

Idwriters | Arsip Digital para Penulis

Berbagai informasi tentang penulis Indonesia dan karya-karya mereka bisa disimpan secara digital di Idwriters. Harian Media Indonesia 20 Februari 2015, hlm 20, menurunkan laporannya.

Indonesia kaya akan penulis, ra tusan anak bangsa mampu mene lurkan ribuan buku. Hal itu dilihat banyaknya buku karya mereka yang dipajang di toko buku. Sayangnya, informasi mengenai para penulis di Indonesia masih sulit ditemui, terutama versi bahasa Inggris.

Kesulitan itu turut dirasakan Valent Mustamin saat mencari informasi mengenai penulis Indonesia guna menyelesaikan pekerjaannya di lembaga literasi.Berangkat dari kesulitan itu, tercetus ide mengumpulkan informasi tentang penulis Indonesia.

Ide itu sebenarnya muncul pada 2013, tapi karena kesibukannya, ide baru diwujudkan tahun berikutnya. Selama setahun penuh, Valent Bedtime Project itu akhirnya ia selesaikan.

Sumber-sumber seperti Wikipedia, Goodreads hingga berbagai artikel mengenai penulis Indonesia di internet disambanginya. Semua dia catat dalam laman http://www.idwriters.com. Tercatat sudah ada 193 penulis yang terdata, yang difokuskan pada mereka yang berpartisipasi di berbagai festival literasi di Indonesia atau penulis yang masuk daftar penerima penghargaan sastra atau lomba kepenulisan.

Idwriters.com bak Wikipedia yang dikhususkan untuk informasi penulis di Indonesia. Mulai dari biodata, daftar, serta sinopsis buku yang telah diterbitkan, hingga artikel media mengenai penulis itu.Semua data penulis itu tersusun secara alfabet. Data dan karya Pramoedya Ananta Toer, Ahmad Tohari, atau Alberthiene Endah tersedia di situs itu.

Mau cari tahu tentang daftar buku yang sudah ditulis mereka, cukup klik books.Kanal itu menampilkan buku-buku mereka baik dalam bahasa Inggris atau Indonesia.

Selain penulis, daftar para penerbit juga tersedia di kanal book publishers.Tidak ketinggalan kanal what media say, yang memuat reportase mengenai penulis dan bukunya. Mirip dengan kanal media clipping, bedanya di halaman itu tersedia berita dari media cetak yang dikumpulkan selama 2014. Penulis baru Meski sejumlah nama besar mengisi situs itu, tidak menutup kemungkinan bagi penulis baru yang belum melahirkan buku. Melalui online writings, di dalamnya terdapat jurnal maupun tulisan dari para penulis yang tidak dipublikasikan dalam bentuk buku, yang tersebar di halaman seperti Academia.edu serta Newwriting.net.

Tidak ada batasan dan kriteria khusus bagi para penulis yang ingin namanya dimasukkan ke Idwriters.com. Bagi Valent, selama memiliki karya di bidang sastra maupun literasi, mereka berhak untuk masuk ke Idwriters.com. Karena itu, sebuah halaman bertajuk get listed ditanamkan oleh Valent. Halaman itu ditujukan bagi penulis agar dapat mendaftarkan diri mereka untuk dapat dipublikasikan.

“Saya percaya dengan begini, penerbit ataupun organisasi literasi luar negeri akan dapat menemukan data penulis kita secara mudah,“ pungkas Valent.

Valent mengatakan semua sumber maupun data bertautan dan akan membentuk sebuah rantai informasi yang tercakup di dalam Idwriters.com.

“Jadi ketika kita membuka halaman penulis, akan ada medianya, judul buku, penerbit, maupun online writings-nya,“ ucap Valent di Jakarta, Rabu (11/1).

Tidak ketinggalan informasi mengenai kalender festival literasi di sisi sebelah kanan halaman pembuka Idwriters.com.

“Tujuan awalnya ialah mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai para penulis dan melemparkannya kepada masyarakat,“ ucap Valent.

Untuk menjaga keabsahan data yang dimiliki, di dalam laman tersebut terdapat tautan sumber dari informasi yang mereka dapatkan secara bebas di internet.

Bila kita melihat, bagian bawah masih menggunakan WordPress. Namun, dengan genesis framework dipilih Valent sebagai desain dari laman tersebut.

Lebih lengkap Unduh PDF di sini Idwriters

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan