-->

23Tweets Toggle

#23TWEETS | ANGKRINGAN BUKU – BERNARD BATUBARA

Bernard Batubara merupakan salah satu penulis muda yang produktif. Baru-baru ini @benzbara_ mengeluarkan kumcer berjudul “Jatuh Cinta Adalah Cara Terbaik Untuk Bunuh Diri”. Karya Bernard Batubara sebelumnya yang sudah terbit di antaranya Surat Untuk Ruth dan Kata Hati.
Bernard Batubara lahir 9 Juli 1989 di Pontianak, 1989. Tahun 2012 menamatkan studi Teknik Informatika di Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta. Selama kuliah aktif di lembaga pers mahasiswa.

1 Buku terbaru @benzbara_ Jatuh Cinta Adalah Cara Terbaik Untuk Bunuh Diri baru terbit pertengahan Desember tahun 2014.

2 Cerita Jatuh Cinta Adalah Cara Terbaik Untuk Bunuh Diri terinspirasi dari film yang ditonton @benzbara_.

3 Dalam film itu ada kalimat, “Hanya orang yg paling mencintaimu yg mampu membunuhmu,” kalimat tersebut yang menjadi ide awal bagi @benzbara_ untuk kumpulan cerpen Jatuh Cinta Adalah Cara Terbaik Untuk Bunuh Diri.

4 Dalam Jatuh Cinta Adalah Cara Terbaik Untuk Bunuh Diri ada 15 judul cerpen yang ditulis dari tahun 2013-2014, sekitar 1,5 tahun.

5 Proses kreatif @benzbara_ tidak terlalu terpatok pada sebuah tema, ia mengikuti inspirasi apa yang sedang ia pikirkan.

6 @benzbara_ selalu mengusahakan menulis cerpen selesai dalam 1 hari karena jika dilanjutkan di hari lain “rasa”-nya akan berbeda.

7 @benzbara_ setuju dengan pendapat Dewi Lestari yang mengatakan bahwa tulisan @benzbara_ mengalami pendewasaan.

8 @benzbara menikmati menulis cerpen, puisi, atau novel karena menurutnya dalam menulis tidak harus terpaku pada 1 kotak.

9 Untuk saat ini @benzbara_ sedang nyaman menulis cerpen krn cerpen bisa mewakili banyaknya ide-ide yang menghantuinya tanpa membutuhkan waktu yang lama.

10 Selain masalah cinta kumcer terbaru @benzbara_ juga banyak bercerita tentang masalah keluarga, bagaimana anak menghadapi perceraian, hubungan anak yang dingin dengan orang tua dll.

11 Masalah anak disoroti @benzbara_ karena pada tahun pembuatan kumcer ini ia banyak melihat banyak kasus tentang anak seperti kekerasan terhadap anak, pelecehan terhadap anak.

12 @benzbara_ gelisah dengan kekerasan kepada anak karena menurutnya siapa lagi yang akan meneruskan kisah kita di tempat ini kalau bukan anak-anak.

13 Ingatan, pengalaman & kenangan seseorang seharusnya menjadi ide yang bisa dikuras habis oleh seorang penulis, menurut @benzbara_

14 Waktu SD @benzbara_ mendapat tugas mengarang dari gurunya, sejak itu ia suka mengarang. Ada perjalanan imajinasi yang dirasakan @benzbara_

15 Buku pertama yang membuat @benzbara_ memiliki obsesi untuk menulis adalah Harry Potter karya JK Rowling.

16 Haruki Murakami (Dengarkan Nyanyian Angin) dan Pramoedya Ananta Toer (Bumi Manusia) juga merupakan penulis yang @benzbara_ kagumi.

17 Juan Rulfo-nya Pedro Paramo buku merupakan berpengaruh lain untuk @benzbara_. Buku ini tipis namun isinya mengagumkan.

18 Al-Qur’an bukan sebagai kitab tapi sebagai sebuah fiksi bukan karena isinya fiktif tp Al-Quran mengajarkan banyak teknik dalam menulis fiksi untuk @benzbara_

19 Geliat penulis muda bagi @benzbara_ cukup menggembirakan karena banyak anak muda yang menulis dan menerbitkan tulisan mereka.

20 Penulis-penulis senior harus menyediakan ruang bagi penulis muda untuk menemukan pembaca mereka @benzbara_

21 Tidak harus seorang penulis muda langsung menghasilkan karya yang bagus karena itu semua adalah proses @benzbara_

22 Nama-nama baru dalam dunia sastra adalah cahaya baru @benzbara_ | So, teruslah menulis booklovers!

23 Sekian laporan dari Nafi-gator, tunggu #23tweet lainnya ya 🙂

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan