-->

Agenda & Donasi Toggle

27 Desember 2014 | TBY Jogja | Studio Pertunjukan Sastra (SPS) – Pesta Puisi Akhir Tahun

YOGYAKARTA — Setelah di bulan Oktober lalu menggelar Hari Bersastra Yogya ke 2 yang ditandai dengan peluncuran buku antologi karya leluhur sastra Indonesia di Yogyakarta Astana Kastawa, di bulan Desember ini Studio Pertunjukan Sastra Yogyakarta (SPS) bekerjasama dengan Radio Buku Taman Budaya Yogyakarta akan menggelar acara Pesta Puisi Akhir tahun. Acara ini sekaligus menandai perjalanan Bincang-bincang Sastra yang digelar SPS pada setiap bulan di TBY yang sudah mencapai edisi ke 111. Acara ini sedianya akan diselenggarakan di Panggung Terbuka TBY, pada hari Sabtu, 27 Desember 2014 pukul 20.00 WIB.

Acara ini sangat bermakna bagi SPS, sebab dengan segala keterbatasan yang dimiliki oleh SPS acara Bincang-bincang Sastra yang digelar secara reguler tersebut mampu bertahan hingga usia 9 tahun. Tentu saja hal ini bukanlah sebuah prestasi apa-apa jika mengingat semangat yang senantiasa menyertai SPS yakni “Mengawal Geliat Sastra Yogya”. Dapat dikatakan acara ini merupakan rasa syukur sekaligus persembahan bagi Hari Leo AER, karena semangatnyalah SPS masih dapat bertahan.

Suatu kebanggaan bahwa di akhir tahun yang ‘panas’ ini SPS bisa mempersembahkan kesunyian di tengah hiruk-pikuk bus pariwisata yang memadati jalan-jalan, di antara tumbuh menjulangnya hotel-hotel mewah kota Yogyakarta. Hal yang lebih istimewa dibanding danais adalah, tampilnya para penyair dan pembaca puisi dari yang masih SMA hingga sastrawan-sastrawan ternama di Yogyakarta.

Mereka adalah; Sukma Firmansyah dari SMK N 3 Yogyakarta dan Etien Noviasari dari SMF Yogyakarta akan menampilkan musik puisi, Nayla Hakim dan Afrizal Oktaputra akan menampilkan tembang gurit, Teater Topi dan Teater Pebei akan menampilkan teaterikal puisi. Nasirin Badrun dan Wisnu Ajitama akan berdeklamasi. Akan ada pula pembacaan puisi oleh Dita Yulia Paramita, Syakky Zanky, Drajat Teguh Jatmiko, Putri Dingdong, Kukuh Lutfi, Rabu Pagisyahbana, Raedu Basha, Dimas Indianto S, Slamet Riyadi Sabrawi, Ulfatin Ch., Sholeh Ug., dan Hamdy Salad. Sementara itu Dewo PLO veat. Sofyan “Death Vomit” akan menampilkan sastra underground. Tidak mau kalah, SPS akan menampilkan eksperimentasi pertunjukan puisi.

Perlu diketahui bahwa Pesta Puisi Akhir Tahun merupakan salah satu program Bincang-Bincang Sastra SPS yang diadakan di akhir tahun, seperti halnya program SPS lainnya yakni Malam Sastra Seribu Bulan yang hanya ada di bulan Ramadhan dan Hari Bersastra Yogya yang hanya ada di bulan Oktober menandai ulang tahun SPS. Pesta Puisi Akhir Tahun kali ini lengkap, mulai dari baca puisi, deklamasi, musik puisi akan ditampilkan dan berpesta mengisi akhir tahun 2014 ini.

 

Tertanda,

Latief S. Nugraha (Sekretaris Studio Pertunjukan Sastra)

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan