-->

Komunitas Toggle

FESTIVAL FILM PELAJAR JOGJA 2014

FFPJ5_Pamflet_Fix(1)

Festival yang merupakan penyelenggaraan tahun ke-5 ini akan dibuka dengan penampilan grup band Simponi. Simponi merupakan nama lain dari Sindikat Musik Penghuni Bumi yang berbasis di Jakarta dan diinisiasi oleh aktivis sosial dan hak asasi manusia, seniman dan aktivis lainnya yang memiliki perhatian terhadap isu-isu penting global dan menyuarakannya melalui musik. Beberapa kiprahnya adalah Juara I Sounds of Freedom 2014 di London-Inggris (lagu Sister in Danger), Juara II Fair Play Music Competition 2012 di Belgia/Brazil (lagu Vonis/Verdict), dan wakil Indonesia di Asia Pacific Environmental Youth Forum 2011 & 2012 di Korea Selatan. Sejak 2010 sampai sekarang terus melakukan serangkaian tour diskusi musikal bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Komisi Nasional Perempuan, Indonesia Corruption Watch (ICW), dll di Jawa, Bali & Sumatera. Tahun ini Simponi melakukan Bung Hatta Tour, yaitu sebuah diskusi musikal anti-korupsi di 11 universitas, 11 kota dan dalam rangka 11 tahun Hari Anti Korupsi Internasional.

Jadwal selengkapnya bisa didownload di sini. Saksikan video Festival Film Remaja di sini.

Kelas Anti Korupsi

Sebuah kelas yang akan difasilitasi oleh Perkumpulan Bung Hatta Anti Corruption Award

(BHACA). Korupsi diyakini banyak pihak sebagai akar persoalan sosial, ekonomi, politik dan hukum. Korupsi tidak hanya merusak sistem tetapi lebih daripada itu, merusak moral bangsa. Forum ini merupakan ruang belajar bersama tentang peran dan aksi pelajar dalam memerangi korupsi, khususnya dengan memberdayakan film sebagai sarananya.

 

Kelas Lensa Perempuan

Sebuah kelas untuk belajar bersama tentang perspektif gender dalam dunia perfilman. Para peserta akan belajar menganalisis peran perempuan sebagai subjek, bukan lagi sebagai objek dalam film. Forum ini menyoroti karya sineas-sineas perempuan yang memainkan peranan penting dalam mengembangkan perspektif gender. Fasilitator berpengalaman yang juga merupakan seorang pembuat film dokumenter yang karyanya telah memenangkan penghargaan nasional maupun internasional, yaitu Heni Matalalang, akan menjadi teman curah gagasan, diskusi dan mengembangkan aksi nyata di lingkungan sekolah dan sekitarnya pascakelas ini.

 

Kelas Riset Film

Sebuah kelas untuk belajar bersama tentang pentingnya riset dalam sebuah proses pembuatan film. Film tidak bermula dari ruang hampa. Terlebih lagi film pendek, yang memiliki keunikannya sendiri. Diantaranya adalah durasi pendek (lazimnya di bawah 30 menit), sehingga perlu kecerdikan untuk menciptakan cerita, karakter dan aksi yang tepat, dll. Film tanpa riset adalah angan-angan, karena ia tidak hanya menyajikan keindahan-estetika, melainkan juga konten cerita yang memiliki makna. Sutradara film yang juga seorang penulis Tonny Trimarsanto akan mengampu kelas ini. Kiprah karyanya di dalam dan luar negeri tidak diragukan lagi. Dari tangan dinginnya juga lahir banyak pembuat film dokumenter yang berkarakter.

 

Penyelenggara

FESTIVAL FILM PELAJAR JOGJA

13-14 Desember 2014

 

Forum Pendidik

Sebuah forum yang akan memfasilitasi para pendidik-guru, khususnya yang peserta didiknya mengikuti FFPJ 2014. Peserta akan diajak untuk membaca kilas balik festival, dinamika peserta, peran sekolah dan pendidik dalam mendukung kegiatan film pelajar, dll. Forum ini diharapkan menjadi ruang bagi pengembangan jaringan komunitasi antarpendidik-guru dengan parapihak yang menjadi pemangku kepentingan FFPJ secara khusus, dan dunia perfilman secara umum. Forum ini dibuat paralel, bersamaan dengan penyelenggaraan kelas lainnya. Kurniawan Adi Saputro, S.IP., MA., Ph.D., dosen dari Fakultas Seni Media Rekam Institut Seni Indonesia Yogyakarta akan menjadi teman curah gagasan, diskusi dan upaya pengembangan aksi nyata dari kelas ini.

 

Pemutaran Film Fiksi

Pemutaran film pendek karya pelajar Indonesia yang menjadi nomine FFPJ 2014 untuk kategori fiksi dan film pilihan kurator.

 

Pemutaran Film Dokumenter

Pemutaran film pendek karya pelajar Indonesia yang menjadi nomine FFPJ 2014 untuk kategori dokumenter dan film pilihan kurator.

 

Pemutaran Video Musik

Pemutaran film pendek karya pelajar Indonesia yang menjadi nomine FFPJ 2014 untuk kategori video musik dan film pilihan kurator.

 

Api Ekspresi dan Temu Komunitas

Sebuah kegiatan yang memberi ruang pada seluruh peserta untuk beraksi-berekpresi seni. Kegiatan ini akan difasilitasi Tim FFPJ bersama dengan perwakilan peserta. Improvisasi, kolaborasi dan aksi-aksi seni yang digarap dengan penuh kegembiraan akan menjadi bagian dari malam apresiasi yang hangat, akrab dan ceria. Program ini juga sekaligus menjadi ajang temu komunitas untuk berbagi cerita dan mengurai persoalan-persoalan yang terjadi dengan cara santai dan segar tanpa meninggalkan kesungguhan untuk belajar bersama dan silaturahmi. Makanan dan minuman ringan tradisional menjadi pelengkap kegiatan yang penuh suasana kesederhanaan dan kekeluargaan ini. “Oleh-oleh dari Jerman” juga akan menghangatkan kegiatan ini, yaitu dialog santai dengan perwakilan FFPJ yang menghadiri GreenStorming Film Festival 2014 di kota Freiburg, beberapa waktu lalu.

 

Penutupan

Festival Film Pelajar Jogja ke-5 tahun 2014 ini akan ditutup dengan pengumuman dan pemberian penghargaan kepada pemenang kompetisi kategori fiksi, dokumenter dan video musik. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemutaran karya pemenang. Sesi puncak ini akan dimeriahkan oleh La Galigo Music Project, sebuah grup musik etnik yang menjadikan musik sebagai media alternatif untuk melakukan konservasi pusaka nusantara.

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan