-->

Literasi dari Sewon Toggle

Agroliterasi: Khotim, Mangga, Cabe, Ikan

JIKA Anda berkunjung ke Gedung Bale Black Box — sebuah bangunan kotak berwarna hitam di mana Radio Buku, Warung Arsip, dan Perpus GelaranIbuku berteduh — niscaya disambut dua pohon mangga madu yang berbuah lebat di bulan November-Desember. Demikian pula di sisi kirinya, ada sebarisan kantong plastik hitam yang berjajar berisi tanaman cabe.

Di teras gedung yang menyerupai parit gerilya terdapat kolam ikan yang awalnya dihuni 200-an ikan nila. Seiring waktu hujan datang, makin berkurang jumlah ikan itu. Sebab ketika parit itu meluap, ikan-ikan itu ikut arus air terjun ke persawahan warga di sisi kiri dan kanan.

Mangga, cabe, dan ikan — bagi Indonesia Buku — adalah sebentuk permulaan dari agroliterasi. Khotimatul Hasanah, pustakawan autodidak yang menjadi penjaga buku-buku sudah hampir 5 tahun, mengurus tanaman itu. Bangun pagi-pagi. Mencuci pakaian. Memeriksa debu buku. Membersihkan ruangan. Mengatur dagangan. Menengok ikan dan memeriksa mana cabe yang tumbuh dan berbunga.

Tak ada niatan bisnis dengan mangga, cabe, dan ikan itu, melainkan memeliharanya untuk konsumsi sendiri. Atau berbagi dengan Anda yang menjadi sahabat buku di Sewon.

Namun, tak ada juga yang mencegah sekiranya ini dilakukan secara massif. Apalagi, halaman Bale Black Box cukup luas untuk menjadi ladang yang dibuat secara vertikal untuk sayur, bunga, buah, dan tanaman obat-obatan.

Dengan menggunakan majalah Trubus dan sejumlah buku terbitan Swadaya, tak mustahil bila kultur literasi dan praktik agrikultura menjadi senyawa untuk menghidupkan kemandirian komunitas.

Sampai sejauh ini, saya perlu berkomunikasi dengan Khotimatul Hasanah terkait hitung-hitungan bisnis agroliterasi ini, sebagaimana ia dengan tekun dan rapi membuat pembukuan laba berbisnis pulsa, keripik, kopi, dan minuman di almari kulkas. [gusmuh]

– – – + – – –

“Literasi dari Sewon”

adalah cerita dari praktik internal yang dilakukan para penggiat Indonesia Buku

dan/atau seluruh praktik literasi yang berlangsung di dalam pagar

Gedung Bale Black Box. Posting setiap Senin malam!

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan