-->

Peristiwa Toggle

Ya, Anggito Abimanyu Mundur dari UGM karena Plagiat Artikel

YOGYAKARTA – Sejumlah web daring 17 Februari 2014, seperti  merdeka.com, tempo.co, metrotvnews.com, jogja.tribunnews.com, sindonews.com, detik.com, mengabarkan pengunduran diri Anggito Abimanyu sebagai Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Anggito mundur karena tersangkut kasus plagiat artikel.

Dalam jumpa pers jumpa di University Club (UC) UGM pada Senin, 17 Februari 2014, pukul 12.30, Anggito mengatakan salah menulis referensi dalam rubrik Opini yang dimuat Harian Kompas pada 10 Februari 2014. Oleh karena itu Anggito meminta maaf kepada rektor, dosen, dan seluruh sivitas UGM.

Selain itu PhD jebolan University of Pennsylvania USA tahun 1993 itu juga meminta maaf kepada semua yang merasa dirugikan. Terutama Hotbonar Sinaga dan Munawar Kasan yang tulisannya diplagiasi Anggito.

Anggito mengaku tulisan opini itu ia kirim sendiri ke Kompas bukan lewat asistennya atau orang lain. Fail tulisan itu ia simpan di dalam komputer pribadinya. “Saya khilaf,” kata Anggito di hadapan belasan dosen, dekan, dan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UGM. Anggito mengatakan pengunduran diri ini merupakan bagian dari komitmen menjunjung tinggi kejujuran.

Anggito Abimanyu lulusan Fakultas Ekonomi UGM tahun 1985 dan lulus sebagai master di University of Pennsylvania, Philadelphia, USA, pada 1990. Di universitas yang sama Anggito lulus PhD pada 1993. Saat ini Anggito Abimanyu adalah Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementarian Agama.

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan