-->

Esai Toggle

Catatan Redaksi: Inilah Tulisan Yang Diplagiat Anggito Abimanyu!

Penulis anonim “Penulis Ugm” di Kompasiana 15 Februari 2014 menuduh Anggito Abimanyu, Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM dan saat ini tercatat sebagai Direktur Jenderal Haji dan Umroh Kementerian Agama, melakukan plagiat saat menulis artikel “Gagasan Asuransi Bencana” yang dimuat Kompas 10 Februari 2014.

Artikel yang dijiplak Anggito itu, masih menurut penulis anonim di Kompasiana, adalah artikel yang “Menggagas Asuransi Bencana” yang dimuat Kompas pada 21 Juli 2006 dan ditulis Hotbonar Sinaga dan Munawar Kasan. Si “Penulis Ugm” memberi sumber rujukan artikel yang ditulis Hotbonar Sinaga dan Munawar Kasan itu. Di blog milik Munawar Kasan itu dituliskan bahwa artikel Hotbonar Sinaga dan Munawar Kasan dimuat di Harian Kompas Cetak edisi 21 Juli 2006.

IMG_7424

Warung Arsip segera memeriksa kliping pemuatan artikel Hotbonar Sinaga dan Munawar Kasan. Di Harian Kompas edisi 21 Juli 2006 tidak ditemukan artikel Hotbonar Sinaga dan Munawar Kasan di halaman Opini. Di halaman depan edisi Kompas 21 Juli 2006 itu membahas soal bencana gempa dan tsunami Pangandaran Jawa Barat dengan judul Headline: “Penyakit Mengusik Pengungsi”.

Di halaman Opini, 6, tulisan Hotbonar Sinaga dan Munawar Kasan, memang tidak ada. Namun dimuat di halaman “Opini/Teropong”, hlm 35 “Menggagas Asuransi Bencana”. Sementara yang ada di Halaman Opini adalah “Menggagas Dana Perimbangan Bencana” (Fahmi Amhar); “Kerajaan Pikiran Cak Nur” (Yudi Latif); dan “Asap ‘Made in’ Indonesia” (William Chang).

IMG_7425

Dengan demikian tuduhan “Penulis Ugm” bahwa Anggito Abimanyu melakukan plagiasi menjadi benar jika merujuk pada artikel yang dimuat di Halaman Teropong Harian Kompas 21 Juli 2006. Hotbonar Sinaga adalah dosen Asuransi dan Manajemen Risiko FEUI dan mantan Ketua Dewan Asuransi Indonesia 2002-2005. Adapun Munawar Kasan adalah staf PT Asuransi ASEI. Ini edisi cetak artikel yang dimuat di Hari Jumat itu:

2006 07 21 Asuransi Bencana (35)

Anggito Abimanyu Dituduh Menjiplak Artikel

 Heboh Plagiat Artikel Hotbonar Sinaga-Munawar Kasan | Anggito Abimanyu

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan