-->

Tokoh Toggle

Zaskia Mecca | Luncurkan Buku “Hijab Fascination”

JAKARTA — Merasa belum bisa mengimbangi produktivitas sang suami yang hampir tiap tahun sukses memproduksi film, Zaskia Adya Mecca mencoba menyusun sebuah buku tentang hijab. Di kalangan artis muda, Zaskia termasuk jajaran yang paling awal mengenakan jilbab. Namun, baru saat ini dirinya memberanikan diri untuk membuat sebuah buku tentang hijab.

Buku yang ditulis oleh Zaskia berjudul Hijab Fascination. Lain dari buku tentang hijab yang beredar lebih dulu, Zaskia menjanjikan bahwa bukunya ini menggunakan konsep yang berbeda dan belum pernah ada. Bersyukur, sang suami Hanung Bramantyo mendukung penuh rencana Zaskia tersebut.

“Mas Hanung mendukung dan kasih masukan banyak. Malah dia yang pertama kali ngasih ide buat bikin buku,” katanya, sebagaimana diwartakan situs daring tempo.co 29 Juni 2013.

Mendapat dukungan yang demikian besar, tawaran ditemani mencari inspirasi, dan referensi hingga ke luar negeri, membuat Zaskia memanfaatkan momen tersebut untuk benar-benar menyusun konsep yang lain. “Akhirnya pengin bikin buku dengan konsep berbeda. Pas ke luar negeri juga cari buku tentang fashion. Konsepnya dijamin berbeda dengan buku lainnya,” ujarnya saat peluncuran bukunya di JCC Senayan, 28 Juni 2013.

Buku yang terbit menjelang Ramadan tersebut, rencananya akan dapat ditemukan di toko-toko buku tepat sehari sebelum Ramadan, yaitu tanggal 8 Juli 2013. “Launching-nya enggak sengaja dekat Ramadan, tapi memang kebetulan baru selesai sekarang. Bukunya baru keluar pada 8 Juli 2013,” kata bintang film Ayat-ayat Cinta ini.

Zaskia mengaku, buku tersebut bukan sengaja untuk Ramadan yang akan segera tiba. “Gue ditakdirkan jadi ‘artis korma’ kali, ya. Launching atau apa-apa pas Ramadan,” katanya sambil tertawa.

Kendala yang dihadapi Zaskia dalam penyusunan bukunya ini ialah mengatur mood yang baik, karena ia menyadari latar belakangnya tidak ada kaitannya dengan dunia penulisan. “Kalau lagi mood, bisa total. Kalau enggak, bisa ditunda. Pokok utama dalam buku enggak cuma nulis, tapi juga kendala ngatur mood. Apalagi kalau udah dikejar editor. Wah, ntar dulu deh.”

Zaskia memaparkan, meskipun menjelang Ramadan bukunya ini baru hadir, ada hal positif yang bisa diambil. Biasanya, kata Zaskia, pada saat bulan Ramadan banyak perempuan yang ingin mencoba untuk memakai jibab.

“Intinya tentang fashion itu bagaimana. Fashion jilbab sehari-hari, ke kantor, sampai ke pesta,” ujar wanita yang sedang hamil anak kedua ini.

Zaskia melakukan pemotretan di beberapa titik di Jakarta, seperti Monas, Kota Tua, dan Bunderan HI. Kedepannya, Zaskia berencana melanjutkan konsep bukunya dengan memilih kota lain sebagai latar pemotretan.

Diungkapkan Zaskia, jika penjualan bukunya bagus, selanjutnya ia akan memilih Yogyakarta sebagai kota kedua. Namun, sebelum itu dirinya kini akan segera menyelesaikan buku keduanya yang disusun untuk fashion ibu hamil. “Buku kedua udah mulai. Minggu depan mau ambil foto. Konsepnya untuk ibu hamil. Baju hamil kan harus disiapkan juga untuk baju menyusui.”

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan