-->

Peristiwa Toggle

Jokowi Siapkan Perpustakaan Kampung

JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi mencanangkan Jakarta sebagai Kota Layak Anak dalam rangka Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2013 di Perumahan Cinta Kasih, Cengkareng Timur, Jakarta Barat. Menurutnya kriteria kota layak anak, seperti penyediaan fasilitas pendukung perkembangan anak, harus ada. Fasilitas pendukung itu, beber Jokowi, seperti adanya forum anak, ruang-ruang publik untuk anak, kampung-kampung memiliki perpustakaan, ruang informasi teknologi (IT), dan sebagainya.

“Di kampung-kampung (kota) harus ada fasilitas-fasilitas di mana anak bisa tumbuh kembang. Anak-anak yang berada di kawasan kumuh bisa mengakses komputer, mengerti operasikan komputer, bisa mengakes buku. Paling penting semua fasilitas yang ada di sebuah kota baik Jakarta Barat, Timur, Selatan, dan Pusat semuanya harus ramah terhadap anak,” ujar Jokowi dalam acara yang digelar Sekolah Cinta Kasih Tzu Chi di Cengkareng, Senin (24/6/2013), sebagaimana diwartakan situs daring liputan6.com, 24 Juni 2013.

Karena itu, lanjutnya, Pemprov DKI akan mempersiapkan berbagai fasilitas penunjang, di antaranya perpustakaan kampung, IT kampung, forum anak di tingkat dari walikota setiap wilayah hingga kelurahan dan RT/RW. Selain itu, juga akan disediakan ruang publik dan taman kota dengan fasiltas bermain anak. Sehingga, semakin banyak tercipta ruang interaktif antaranak.

“Ya pelaksanaannya di walikota. Kita instruksikan ke semua walikota. Untuk mempersiapkan, yang sudah merasa siap atau tidak siap, ngomong ke saya,” kata Jokowi.

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan