-->

Peristiwa Toggle

Mahfud Md. | Ulang Tahun ke-56 Diberi Kado Buku

JAKARTA — Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud Md. merayakan ulang tahunnya yang ke-56 pada hari ini. Dalam perayaan ulang tahunnya, Mahfud mendapatkan kado berupa buku yang ditulis 56 sahabat Mahfud. Buku berjudul “Sahabat Bicara Mahfud” itu diluncurkan tepat pada hari jadi Mahfud pada Senin, 13 Mei 2013 di di Hotel Gran Melia Jakarta.

Ide membuat buku ini muncul tepat satu bulan sebelum Mahfud pensiun dari jabatannya sebagai Ketua MK pada Maret silam. “Kami ingin memberikan persembahan spesial untuk dia,” ujar penyunting buku, Saldi Isra. Menurut Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Andalas itu, jumlah penulis sengaja ditentukan sebanyak 56 orang, sesuai usia Mahfud Md. saat buku ini diluncurkan.

Para penulis, kata Saldi, sebagaimana dikutip situs daring tempo.co 13 Mei 2013, mayoritas dipilih sendiri oleh Mahfud. Rata-rata penulis adalah sahabat-sahabatnya. Namun, dia menambahkan, tidak semua tulisan testimoni dari para sahabat Mahfud ini berisi pujian. “Banyak penulis mengkritik gaya Mahfud yang terlalu banyak bicara dan mengomentari isu-isu aktual,” kata dia.

Tidak sedikit, Saldi menjelaskan, rekan-rekan yang mendukung Mahfud untuk maju jadi calon presiden pada 2014 nanti. “Tapi masalah orang-orang seperti Pak Mahfud adalah dia bukan kader partai,” kata budayawan Butet Kertaredjasa dalam monolog politiknya di acara itu. Bukan tidak mungkin, ujar Butet, Indonesia jadi lebih baik kalau presidennya bukan kader partai politik. “Namun, belum tentu Pak Mahfud orangnya, jangan geer dulu,” Butet berseloroh.

Beberapa tokoh yang mengisi buku ini antara lain istri almarhum Gus Dur, Shinta Nuriyah Wahid, Menteri BUMN Dahlan Iskan, Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana, budayawan Franz Magnis Suseno, dan sejumlah tokoh politik dan agama. Sedangkan dari kalangan jurnalis, Pemimpin Redaksi TEMPO Wahyu Muryadi, Pemimpin Redaksi TVOne Karni Ilyas, serta pendiri harian Kompas Jakob Oetama, ikut menyumbangkan tulisan yang berisi penilaian mereka terhadap sosok kelahiran Omben, Madura, itu.

Dalam acara peluncuran buku itu, Mahfud juga mendapatkan kejutan berupa perayaan ulang tahun dari keluarga dan rekan-rekannya. Ratusan undangan yang hadir dalam acara itu serempak menyanyikan lagu selamat ulang tahun untuk dia. “Saya mulai usia ke-56 ini dengan bismillah,” ujar Mahfud sebelum meniup lilin.

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan