-->

Peristiwa Toggle

Komik Kuno Superman Ditemukan di Minnesota

MINNESOTA — Sebuah buku komik tahun 1938 yang menjadi cetakan pertama Superman ditemukan di dalam sebuah tembok rumah yang terlantar di Minnesota, AS. Harganya diperkirakan akan mencetak rekor lelang baru. TawaranAction Comics #1 saat ini senilai US$137.000 atau Rp1,4 miliar lebih dan kemungkinan harganya akan semakin melonjak kata Vincent Zurzolo seorang pedagang komik kuno.

Komik edisi perdana Superman ini ditemukan masih dalam keadaan terbungkus kantong isolasi di dinding sebuah rumah di Minnesota. Penemu komik ini adalah David Gonzales. Awalnya dia membeli rumah yang terlantar di Minnesota ini untuk direnovasi dan akan ditinggali bersama empat anaknya.

Saat merobohkan sebuah tembok dia menemukan sejumlah koran dari tahun 1930-an, yang kemudian diantaranya terselip komik Superman cetakan pertama. Tetapi dia mengatakan bagian belakang komik dalam keadaan sobek setelah dia terlibat dalam keributan dengan saudara istrinya.

Kerusakan ini menyebabkan nilai komik turun sebesar US$75.000.

Tetapi sejauh ini sudah ada 35 tawaran yang masuk dan sepertinya harganya akan bisa melewati US$150.000, kata Zurzolo, yang juga kepala operasi ComicConnect.com. “Kami menyebutnya piala untuk misa suci di dinding,” katanya.

“Komik ini berada di dalam rumah itu selama 75 tahun. Ini adalah salinan yang masih perawan.”

Komik ini mungkin bisa mencetak rekor baru untuk komik dalam kondisi tingkat 1,5 dari 10 karena kolektor menyukai cerita yang tak biasa dalam proses penemuannya, tambah Zurzolo.

“Tentu saja orang sangat senang koleksinya, tetapi sering kali cerita dibaliknya yang membuat mereka lebih antusias,” katanya.

Lelang yang diselenggarakan ComicConnect.com akan berlangsung hingga 11 Juni mendatang. Komik termahal yang pernah dijual mencapai harga US$2,1 juta atau sekitar Rp20 miliar lebih. Demikian dikabarkan situs daring bbc.co.uk, 25 Mei 2013.

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan