-->

Peristiwa Toggle

Harkitnas, Siswa Muhammadiyah di Surakarta Wakaf Buku

SURAKARTA–Ratusan siswa sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) Muhammadiyah Program Khusus Surakarta, Jawa Tengah, menggelar gerakan wakaf buku di halaman sekolah mereka, Senin 20 Mei 2013. Aksi tersebut merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan dalam rangka memeringati Hari Kebangkitan Nasional.

Sebagaimana dilaporkan situs daring metrotvnews.com 20 Mei 2013, jumlah buku yang diwakafkan para siswa itu lumayan banyak, sebagian besar berupa buku bacaan. Buku-buku itu dikumpulkan di atas sebuah meja khusus yang disediakan. “Buku-buku ini nantinya akan kami sumbangkan kepada sekolah lain dan perpustakaan kampung yang masih membutuhkan,” jelas Humas SD dan SMP Muhammadiyah Program Khusus Surakarta, Hendro Susilo yang ditemui di sela-sela aksi.

Hendro menambahkan, aksi ini merupakan salah satu upaya membangkitkan solidaritas anak didik di sekolah tersebut. Pihaknya ingin peringatan hari kebangkitan nasional tahun ini yang berdekatan dengan hari buku nasional menjadi momentum kebangkitan intelektual dan solidaritas.

Para siswa terlihat antusias melakukan aksi yang baru pertama kali di gelar itu. Alifah Hanin S, salah seorang siswa kelas 2 berharap buku yang ia wakafkan bisa memberikan manfaat untuk teman-temannya yang lain.

Dalam pemahaman Hanin, hari kebangkitan nasional yang selalu diperingati setiap tahun itu adalah momentum dimana para para pahlawan membangkitkan semangat anak bangsa untuk memperjuangkan kemerdekaan. “Saya ingin seperti para pahlawan itu,” katanya.

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan