-->

Agenda & Donasi Toggle

4 Juni | Festival Tasawuf Keliling Mizan – Diskusi, Musik, Puisi | Perpus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Bahwa sesungguhnya, secara genuine, Islam adalah agama yang berorientasi pada cinta kasih. Dan orientasi cinta kasih yang memang berada di jantung agama ini.

Seperti halnya diungkapkan para pengamat fenomolog agama, sesungguhnya agama Islam tidak kalah berorientasi cinta dibanding agama lain, seperti Nasrani. Annemarie Schimmel, misalnya, mendapati bukti bukti yang berkaitan dengan hal ini dari karya para sufi di sepanjang pemikiran Islam. Ketidaktepatan pemahaman seperti ini telah menimpa bukan hanya orang-orang-orang di luar Islam, melainkan juga kaum Muslim sendiri.
Dengan melakukan pergeseran paradigma – dari agama yang lebih berorientasi hukum ke agama yang berorientasi cinta – ini, Islam akan dapat menampilkan wajah sebagai “rahmat bagi semesta alam”.

Festival Tasawuf Keliling yang digagas dan selenggarakan Mizan dengan bekerja sama dengan UIN Sunan Kalijaga dengan bertema “Islam: Risalah Cinta Semesta”, antara lain dilandasi semangat seperti itu.

Acara ini berlangsung pada:

Selasa, 4 Juni 2013 | Pukul 09.00 | Ruang Teatrikal Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, Jl. Marsda. Adisucipto, Yogyakarta

Acara ini berupa diskusi, pembacaan puisi dan musik. Yang akan mengisi acara di ini adalah Haidar Bagir, cendekiawan Muslim yang beberapa tahun terakhir berturut-turut masuk dalam daftar 500 Most Influential Muslims; Hamdy Salad (Dosen ISI, budayawan), Labibah Zain (seniman). Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. H. Musa Asy’arie didapuk memberikan keynote speech pada acara tersebut.

Pada Festival Tasawuf, selain diskusi juga pembacaan puisi dan musik oleh kelompok musik Keroncong Adakalanya.

Festival Tasawuf Keliling ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan “30 Tahun Mizan”. Acara lain dalam kegiatan 30 Tahun Mizan, berupa pemberian Beasiswa Mizan, Ceramah Umum Karen Armstrong, Festival Film, dan lain-lain.

Untuk informasi dan konfirmasi Isrowiyanti: 08156874846

Postcard festival tasawuf-ok

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan