-->

Peristiwa Toggle

Manula Lebih Mudah Membaca Lewat Tablet daripada Buku

NEW JERSEY — Tablet tak hanya sedang ngetren, tetapi juga bisa memberikan kemudahan, terutama bagi para manula yang sudah mulai kesulitan membaca. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa manula lebih cepat membaca menggunakan tablet dibandingkan dengan membaca buku biasa.

Peneliti dari Johannes Gutenberg University di Mainz, Jerman, mengamati pembaca dari semua rentang usia untuk menguji perbedaan kecepatan membaca dan kekuatan otak yang digunakan untuk membaca buku, e-reader, dan iPad.

Hasilnya, tak banyak perbedaan yang didapatkan pada partisipan berusia 21 – 34 tahun. Sementara pada partisipan berusia 60 – 77 tahun, mereka melihat perbedaan yang besar ketika menggunakan tablet, seperti dilansir oleh NY Daily News (11/02).

Tablet seperti iPad diketahui bekerja lebih baik untuk membantu manula membaca dengan cepat dibandingkan alat e-reader biasa. Manula membutuhkan waktu 28 detik untuk membaca ketika menggunakan e-book biasa dan membutuhkan waktu 1,5 detik lebih cepat ketika membaca buku.

Namun ketika menggunakan iPad, mereka hanya membutuhkan waktu 24 detik saja. Mungkin waktu beberapa detik ini tidak berpengaruh banyak untuk membaca koran, tetapi bisa jadi sangat berpengaruh ketika manula membaca novel tebal.

Pada penelitian November lalu, Robert Wood Johnson Medical School di New Jersey menemukan bahwa tablet bisa membantu orang-orang yang memiliki kekurangan dalam penglihatan membaca dengan cepat. Hal ini berlaku pada semua orang yang menggunakan kacamata, lensa kontak, atau pernah melakukan operasi mata. Demikian dikabarkan merdeka.com (13/2).

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan