-->

Peristiwa Toggle

Karya Anak Belitung Laskar Pelangi Best Seller Dunia

PANGKALPINANG – Rasa haru, senang, dan bahagia itu yang bisa diungkap Andrea Hirata setelah buku karyanya yang berjudul Laskar Pelangi dari Belitung Provinsi Bangka Belitung dinobatkan sebagai best seller dunia. Andrea mengatakan setelah penantian lebih dari 100 tahun, ini kali pertamanya karya anak bangsa, sastra Indonesia bisa mendunia.

“Hampir seratus tahun kita menanti adanya karya anak bangsa mendunia, tapi Alhamdullilah hari ini semua terbukti setelah buku saya menjadi best seller dunia,” kata Andrea, sebagaimana diwartakan situs daring metrotvnews.com, 12 Februari 2013.

Ia menceritakan pertama kali buku Laskar Pelangi karyanya terdapat di cover penerbit Turky bernama Butik Yayinlari 10 hari yang lalu.

Tidak lama berselang ia mendapatkan konfrimasi dari Agency di New York  buku karyanya menjadi best seller setelah bersaing dengan 50 negara.

Setelah itu, menurut pria kelahiran Belitung ini, tahun 2013 sudah ada sedikitnya 79 negara yang akan melakukan kontrak dengannya untuk menerbitkan kembali buku Laskar Pelangi dalam berbagai bahasa.

“Tahun ini, ada 79 negara akan tandatangan kontrak dengan saya untuk menerbitkan buku Laskar Pelangi dalam 19 bahasa,” ungkapnya.

Ia menyebutkan dari 79 negara akan kontrak dengannya, terdapat nama-nama penerbit buku terkenal di dunia seperti dari Francis Mercur De Francis dan Konstabel And Robinso dari Inggris.

Untuk itu, Ia berharap dengan mendunianya Lasksar Pelangi akan memberikan dampak yang luar biasa terhadap pariwisata di Bangka Belitung, khususnya di Pulau Belitung.

Sejak Laskar Pelangi terbit pada 2008, sudah mampu mendongkrak kunjungan pariwisata di Belitung mencapai 1.800%.

“Nah dengan booming mendunia, semoga pariwisata Belitung akan terkenal lebih dahsyat lagi dari saat ini,”imbuh Andrea.

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan