-->

Tokoh Toggle

Anis Matta | Koleksi Buku Biografi

Sebelum menyerahkan surat pengunduran diri secara resmi dalam rapat pimpinan DPR RI, Anis Matta mengemasi semua barang-barang pribadinya di kantornya, lantai 4 gedung Nusantara III. Ratusan koleksi buku, beberapa lukisan, dan foto keluarga beserta dirinya dikemasi satu per satu ke dalam kardus. “Habis ini mau dibawa ke rumah, tetapi rumahnya (Utan Kayu) belum selesai, lagi cari kontrakan dulu,” kata Anis, Kamis, 7 Februari 2013.

Mengenakan jas abu-abu dan kemeja putih, Anis bercerita tentang kenangan dari koleksi bukunya. “Saya paling suka baca buku biografi, politik internasional, dan hubungan internasional,” kata Anis, sembari menunjukkan buku karangan Francis Fukuyama.

Buku biografi para tokoh pimpinan pun habis dilalapnya. Mulai dari biografi tentang Soekarno, Suharto, Baharudin Jusuf Habibie, Soesilo Bambang Yudhoyono, hingga Taufik Kiemas dan Sofjan Wanandi. “Saya menyukai gelora Soekarno dan tangan dingin Suharto. Saya suka baca sejarah para pemimpin untuk menjaga kesinambungan sejarah,” Anis melanjutkan.

Setelah terpilih menjadi Presiden Partai Keadilan Sejahtera pada pekan lalu, Anis hari ini menyerahkan surat pengunduran dirinya pada rapat pimpinan yang berlangsung sekitar pukul 12 siang. “Ini rapat pimpinan terakhir saya,” ujar dia.

Setelah menjadi Presiden Partai Keadilan Sejahtera, Anis mengaku akan fokus meloloskan partainya dari masa-masa kritis hingga April 2013. “Konsolidasi di daerah, memenangkan pemilihan di Jawa Barat, dan pemilukada di Sumatera Utara,” Anis menjelaskan sejumlah prioritasnya.

Hari ini, 7 Februari, Anis Matta resmi mengundurkan diri dari DPR, termasuk dari posisinya sebagai Wakil Ketua DPR. Demikian situs daring tempo.co, 7 Februari 2013, memberitakan.

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan