-->

Kronik Toggle

Yuk Ikut Kompetisi Menulis Nusantara! Hadiahnya Rp 112,5 Juta

JAKARTA – Terinspirasi oleh Andrea Hirata yang sukses menghidupkan sektor pariwisata dan ekonomi Belitung setelah keberhasilan novelnya, Laskar Pelangi, Direktorat Pengembangan Ekonomi Kreatif berbasis Media – Direktorat Jenderal EKMDI – Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar  Kompetisi Menulis Nusantara 2012.

Kompetisi yang bekerjasama dengan NulisBuku.com dan Plot Point mengadakan yang bertujuan untuk menemukan bakat-bakat baru di bidang penulisan dari seluruh Indonesi. Hal ini demi menumbuhkan semangat cinta tanah air dan turut serta mengembangkan potensi daerah masing-masing.

Kompetisi Menulis Nusantara terdiri atas kompetisi fiksi cerpen dan puisi serta non-fiksi berupa esai dengan tema `Menangkap Ragam Cerita Hidup di Indonesia’. Diharapkan peserta dapat menggali nilai-nilai budaya dan kebijakan lokal di daerah masing-masing yang bisa menginspirasi anak muda lain di seluruh Indonesia bahkan dunia.  Informasi mengenai tata cara untuk ikut serta dalam Kompetisi Menulis Nusantara 2012 diuraikan dalam website http://TulisNusantara.com

Untuk membantu meningkatkan kualitas tulisan, Kompetisi Menulis Nusantara 2012 juga  mengadakan rangkaian workshop penulisan di 12 kota di Indonesia, antara lain yakni Semarang, Surabaya, Jakarta, Medan, Palembang, Denpasar, Lombok, Balikpapan, Makassar, Banten, Bandung, Yogyakarta  Workshop penulisan tersebut dihadiri oleh penulis yang telah berpengalaman dalam menulis dan menerbitkan buku, serta pengajar dari Plot Point yang akan menjelaskan dan membantu dalam praktek menulis agar sekitar 30-an peserta workshop dapat mengerti alur pembuatan cerita. “Kami ingin menciptakan lebih banyak penulis bestseller!” kata  Elitua Simarmata Staf Khusus Kementerian Pariwisata dan Ekonomi di Jakarta, Rabu (5/12/2012).

Dengan juri penulis-penulis ternama seperti Alberthiene Endah, Helvy Tiana Rosa, Ika Natassa, Eka Kurniawan dan Ollie, Kompetisi Menulis Nusantara 2012 diharapkan dapat mengumpulkan lebih dari 500 karya dari penulis-penulis di seluruh Indonesia.

“Saya menyambut baik inisiatif Kemenparekraf untuk mengadakan event penulisan yang berhadiah total Rp 112,5 juta ini. Ini menunjukkan penghargaan pemerintah kepada kegiatan positif  pemuda di bidang penulisan yang tentu akan berdampak positif pula pada kehidupan sosial di masyarakat,” komentar Ollie, salah satu juri Kompetisi Menulis Nusantara 2012 yang juga adalah penulis 25 buku dan Chief Technology Officer (CTO) dari Nulisbuku.com.

Dengan maraknya media sosial, Kompetisi Menulis Nusantara 2012 menyambangi para penulis melalui akun twitter @tulisnusantara dan aktif menggunakan hashtag #TulisNusantara untuk berbagi tips dalam berpartisipasi di event ini.

Kompetisi Menulis Cerita Fiksi dan Non-Fiksi diadakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Direktorat Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Media, Direktorat Jenderal Ekonomi Kreatif Berbasis Media, Desain, dan IPTEK, Subdirektorat Pengembangan Tulisan Fiksi dan Non Fiksi.

Penilaian untuk karya yang masuk: Filter pertama (by tim nulisbuku): menilai kesesuaian tema dan terpenuhinya syarat utama lomba, Filter kedua (by juri): ada 3 faktor yang dinilai, originalitas (keunikan cerita), penyajian (menyangkut plot, konflik, karakter dan jalan cerita), diksi (penggunaan bahasa dan pilihan kata dalam cerita).

Pengumuman pemenang dari Kompetisi Menulis Nusantara 2012 rencananya akan dilakukan tanggal 22 Desember 2012 di Balairung Kemenparekraf, Jakarta. Kumpulan tulisandari para finalis kompetisi ini akan diterbitkan secara major dan didistribusikan ke toko-toko buku ternama di seluruh Indonesia.

*) Tribunnews, 6 Desember 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan