-->

Kronik Toggle

Perpustakaan UIN Catatkan Rekor MURI

YOGYA– Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) menganugerahkan pernghargaan kepada UPT Perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta yang telah mengembangkan sistem perpustakaan menggunakan Radio Frekuensi Identivication Digital (RFID). Pemberian penghargaan dilaksanakan Manajer MURI Sri Widayanti kepada Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogya Prof Dr Musa Asy’arie di Convention Hall UIN, Kamis, (6/12).

Selain penganugrahan juga digelar seminar nasional tentang bertajuk ‘Akses Perpustakaan dengan Cloud Computing and Social Networking’. Dikatakan, semua informasi yang sebelumnya hanya tersimpan di ruangan perpustakaan dengan sistem RFID akan disimpan dalam server.

Cara ini dengan mengubah proses yang sebelumnya dilakukan sekitar 15 menit menjadi kurang dari 1 menit. “Keunggulan lain dari sistem RFID adalah semua peminjam buku juga tidak perlu bersentuhan langsung dengan orang, namun cukup lewat server. Harapannya, sistem yang dipakai perpustakaan UIN ini nantinya bisa menjangkau diseluruh Indonesia,” kata Prof Musa Asy’arie. (Asa)

*)KRJogja, 7 Desember 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan