-->

Lainnya Toggle

Pentingnya Buku Biografi Tokoh

Oleh: Rahmaty El-basqy

Sahabat muda sekalian para pemimpi masa depan!

Dalam mewujudkan cita-cita yang selama ini kita impikan bukanlah yang mudah. Semuanya harus melalui perjuangan yang berat dan menurut beberapa teman sampai berdarah-darah. Apapun cita-cita tersebut, apakah menuntut ilmu, mengejar karir atau bahkan dalam mengejar cita-cita. Semuanya perlu mengobarkan semangat dan waktu untuk mewujudkan ambisi tersebut.

Keterbatasan ekonomi bukanlah yang serius sebagai pengahalng bagi kita untuk mewujudkan mimpi dan angan yang ada di dalam alam pemikiran kita. Keterbatasan ekonomi bisa disiasati dengan kerja keras dan pantang menyerah dalam menghadapi kesusahan-kesusahan dalam mewujudkannya. Selain itu, kita dituntut untuk bisa menjaga dan konsisten dalam mengejar ambisi kita. Tidak terlena dan tergiur sesuatu yang justru membuat kita lupa dengan yang kita cita-citakan.

Yang terakhir, sesering mungkin kita membaca buku biografi tokoh, baik di tingkat nasional maupun dunia untuk mengajari kehidupan kita yang akan datang. Hal ini untuk menambah pengalaman dan wawasan kita dalam menghadapi masalah, agar tidak mudah putus asa dalam perjalananan mewujudkan cita.

Dalam buku biografi tokoh, hampir semua sisi kehidupannya di tulis dengan baik (tergantung kualitas yang diinginkan). Jika kita amati secara serius, hampir semua tokoh di dunia ini semua melalui lika-liku kehidupan yang unik dan menarik. Jalan yang sangat panjang untuk mewujudkan cita-cita. Bagaimana Soekarno harus di penjara, di buang dan lain sebagainya untuk mewujudkan NKRI merdeka dari penjajah dan perjuangan tokoh-tokoh yang lain. Bagaimana Mah. Gandhi harus hidup sederhana agar bisa menjadi tokoh teladan bagi rakyatnya. Padahal beliau bisa saja mengikuti jejak orang lain dengan hidup modern, tapi beliau tidak memilih itu.

Sahabat muda yang penuh ambisi!

Dengan sering membaca buku boigrafi tokoh yang kita senangi, hal itu akan menjadi inspirasi bagi kita untuk mewujudkan cita-cita kita untuk menjadi orang yang bermanfaat bagi masyarakat umum. Dalam kehidupan tokoh itu, kita akan memiliki ukuran kualitas diri kita dalam meraih mimpi dan harapan. Dengan kuatnya niat dan konsitennya kita dalam mewujudkan cita-cita serta memiliki tokoh panutan, masalah-masalah yang kita hadapi akan terasa mudah untuk dijalani di bandingkan sebelumnya.

“ Tokoh kita : Nilai tertinggi kebesaran namanya sesuai dengan tingkat terendah kesusahan hidup yang pernah dijalaninya”

*)Kompasiana, 29 Juli 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan