-->

Kronik Toggle

Model Sampul Buku Djenar

Area display toko buku di Jakarta diwarnai buku bergambar sampul unik, perempuan berkaki jenjang dengan muka tertutup stocking hitam. Pergelangan kakinya diikat, lalu ditarik seseorang. Buku itu merupakan kumpulan dari empat buku karya Djenar Maesa Ayu yang diluncurkan 12 November lalu.

Djenar, sang penulis dan sutradara itu, akhirnya mengaku kalau ia menjadi model sampul empat buku lama yang dicetak ulang dengan konsep puzzle dan sampul baru.

Kumpulan puzzle itu berisi buku berjudul: Cerita Pendek Tentang Cerita Cinta Pendek, Jangan Main-main (Dengan Kelaminmu), Mereka Bilang Saya Monyet, dan Nayla.

”Permintaan buku-buku itu lumayan tinggi, ada yang sudah dicetak delapan kali, sepuluh kali. Kata Myrna, editor bukuku, kenapa enggak empat buku dicetak ulang,” ujar si pemilik rambut panjang tersebut, pekan lalu. Buku karya Djenar memang termasuk buku-buku laris.

Setelah melihat foto karya Adi, seorang fotografer, ia memutuskan untuk membuat sampul tersebut. ”Pesan cover, ikatan itu sebenarnya selalu melingkupi perempuan yang mereka ingin lepaskan,” tutur perempuan berusia 39 tahun tersebut.

Soal foto dirinya itu, nenek dari Embun Kinnara tersebut berucap, ”Iya nih, masak nenek-nenek jadi model,” katanya terkekeh. (TRI)

*)Kompas, 18 Desember 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan