-->

Kronik Toggle

Masih Ada SKPD yang Belum Memiliki Arsiparis

PURWOREJO – Arsip merupakan salah satu aset yang sangat berharaga sehingga keberadaannya perlu dikelola secara optimal agar pelaksanaan kegiatan manajemen, administrasi, dan operasional organisasi dapat berjalan lancar. Penelolaan arsip juga berguna untuk proses pengambilan keputusan, tujuan operasional, bukti kebijakan dan kegiatan, serta untuk mendukung pembuktian hukum.

“Namun masih ada satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di Kabupaten Purworejo yang justru belum memiliki arsiparis,” kata Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Purworejo Drs Edy Susanto pada sosialisasi jadwal retensi arsip (JRA) pedoman masa simpan di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo.

Kegiatan yang berlangsung, Rabu (26/12) di ruang Arahiwang kompleks Setda Purworejo ini diikuti para pimpinan SKPD, pimpinan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), serta para anggota legislatif dan pimpinan perguruan tinggi di Purworejo.

Menurut Edy Susanto, kegiatan ini dimaksudkan untuk mensosialisasikan ditetapkannya Perbup Nomor 51 Tahun 2012 tentang JRA keuangan di lingkungan Pemkab Purworejo, yang merupakan Perbub baru tentang JRA keuangan sebagai pengganti Perbum Nomor 31 Tahun 2009.

“Tujuannya untuk membuat suatu pedoman tentang masa simpan arsip keuangan beserta nasib akhirnya, disesuaikan dengan nilai guna baik yang langsung dirasakan instansi yang bersangkutan maupun nilai sekunder bagi masyarakat,” jelasnya.

*)KRJogja, 26 Desember 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan