-->

Kronik Toggle

Lusa, Buku Raden Saleh Diluncurkan di Yogyakarta

Yogyakarta – Langgeng Art Foundation dan Goethe Institut akan meluncurkan buku biografi pelukis besar asal Jawa Raden Saleh (1809-1880) bertajuk Raden Saleh: Awal Seni Rupa Modern Indonesia pada Rabu, 12 Desember 2012 pukul 19.00 di Langgeng Art Foundation, Yogyakarta.

Juru bicara Langgeng Art Yogyakarta, Ignatia Nilu, menuturkan buku itu akan diluncurkan langsung oleh kurator kenamaan sekaligus penulis buku setebal hampir 400 halaman itu, Werner Krauss.

Rencananya, Raja Keraton sekaligus Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan HB X juga akan turut hadir dalam peluncuran itu. “Peluncuran di Yogya ini menjadi rangkaian dari pameran Raden Saleh di Galeri Nasional Jakarta, Juni 2012,” kata Nilu, Ahad, 9 Desember 2012.

Acara peluncuran akan diisi dengan pembacaan essai dari nominator perlombaaan penulisan ”Raden Saleh Essai Competition yang diselenggarakan Goethe-Institut bersama Badan Kerjasama Kesenian Indonesia, Tempo Institute dan Historia Magazine. “Khusus di Yogya akan dimeriahkan pertunjukan wayang lakon Diponegoro oleh Ki Ledjar Subroto atau Mbah Ledjar,” ujarnya.

Disebutkan pada Juni lalu di Galeri Nasional Jakarta telah dilakukan pameran pertama karya Raden Saleh yang berhasil menyedot 20.000 pengunjung dari seluruh Indonesia dan dari luar negeri.

Enam bulan kemudian, Goethe-Institut Indonesia bersama Kedutaan Besar Jerman mempersembahkan buku otoritatif pertama mengenai hidup dan karya sang seniman besar dari Jawa tersebut.

Buku baru ini menyajikan intisari riset dan studi Warner Krauss selama bertahun-tahun. Sajian esai mengenai kehidupan spektakuler Raden Saleh sebagai pelukis, ilmuwan, pembaru seni dan pendidikan, kolektor dan pelestari, serta dokumentasi dipaparkan.

Tak ketinggalan juga berbagai ilustrasi, foto dan potret Raden Saleh yang jauh lebih banyak daripada yang ditampilkan di dalam pameran, dan beberapa di antaranya baru pertama kali diterbitkan.

*)Tempo, 10 Desember 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan