-->

Kronik Toggle

Perpustakaan Kota Yogya Tak Sesuai Standar

YOGYA – Lebih dari 50 persen dari ratusan perpustakaan sekolah di Kota Yogyakarta tingkat SD hingga SMA hingga kini belum sesuai standar karena minimnya fasilitas dan standar pelayanannya.

Hal tersebut diakui Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Yogyakarta Afia Rosdiana hari ini di Yogyakarta sehingga menggelar sarasehan Forum Perpustakaan Sekolah Indonesia (FPSI) yang diselenggarakan hari Balaikota Yogyakarta. Sarasehan berjudul ‘Masa Depan Perpustakaan Sekolah’ ini menghadirkan narasumber yang berkompetensi tentang perpustakaan sekolah diantaranya adalah Drs. Nur Cahyono, S.S., M.Si. (Perpustakaan Nasional RI), Sri Rumani (Universitas Gadjah Mada Yogyakarta) dan Anis Masruri (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).

“Perpustakaan yang kurang kebanyakan ada di tingkat SMP. Masih banyak masalah disana seperti masalah pengelolaan, fasilitas kurang, perpustakaan yang hanya diselipkan di pojok sekolah, dan sebagainya. Negeri swasta semua ada yang baik ada yang kurang,” ujarnya.

Afia menjelaskan perpustakaan merupakan jantung sekolah, pusat belajar di sekolah. Karena itu forum digelar agar hal tersebut bisa berlaku di semua sekolah di Kota Yogyakarta. Berbagai pihak harus bisa bersinergi meningkatkan koleksi buku, sarana, kegiatan perpustakaan, hingga sumber daya manusia yang memadahi.  “Diharapkan bisa ada sinergi forum pengelola perpustakaan, saling berkomunikasi berbagai hal, sehingga sekolah sebagai jantungnya sekolah dapat terwujud,” katanya.

Sementara itu Asisten Bidang Administrasi Umum Sekda Kota Yogyakarta MK Poncosiwi yang membuka acara menerangkan, selama ini Pemkot Yogya terus berusaha mengembangkan lingkungan sekolah yang aman, jujur, dan bersahabat. Penguatan peran perpustakaan sekolah sendiri menurutnya harus menjadi tanggungjawab semua stakeholder.

“Perpustakaan tidak boleh sebatas menjadi tempat penyimpanan buku paket pelajaran, tapi sebagai sumber ilmu yang selama ini sulit diakses siswa,” ujarnya.

*)KRJogja, 3 November 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan