-->

Kronik Toggle

Buku ini tampilkan desain tenun senusantara

Cita Tenun Indoinesia (CTI) kembali merilis buku, dan kali ini berjudul “Woven Indonesian Textiles For The Home” yang resmi diluncurkan Ketua Umum CIta Tenun Indonesia Okke Hatta Rajasa di Jakarta, Jumat.

“Buku kedua CTI ini menampilkan desain interior ruangan yang mengaplikasikan tenun Indionesia pada material produknya,” ujar Okke pada jumpa pers hari ini.

14 orang desainer produk dan interior yang andal pada bidangnya masing-masing memberikan sumbangsihnya untuk menampilkan rancangannya dalam buku ini.

Berbagai material tenun dari Sumba, Bali, Palembang, Garut, Majalaya, Sulawesi, Baduy, Jawa tengah, dan beberapa daerah lain, menjadi inspirasi dasar dalam tiap rancangan para desainer.

“Buku ini merupakan salah satu bentuk dan usaha CTI untuk mensosialisasikan kegunaan kain tenun sebagai pelengkap interior dan bukan hanya fesyen semata,” ujar Okke.

Okke berharap buku ini  membuka peluang usaha baru bagi industri kreatif yang menguntungkan perajin. “Sehingga pendapatan dan kesejahteraan mereka dapat meninggat, dan dapat berturut serta meningkatkan perekonomian bangsa,” kata dia.

Pada 2010 CTI juga menerbitkan buku tentang tenun, namun lebih dikaitkan dengan dunia fesyen. Buku ini sengaja diterbitkan dalam Bahasa Inggris agar bisa dinikmati masyarakat mancanegara.

(M048)

*) Antara, 30 November 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan