-->

Kronik Toggle

Budaya Baca, Kreatifitas Meningkat

Karanganyar-Membaca koran massal kerja sama dengan Kedaulatan Rakyat Grup di SMPN 2 Colomadu Karanganyar diteliti. Hasil penelitian menyimpulkan  digelarnya budaya membaca yang bertajuk ‘Esempero (SMP Loro) Colomadu Membaca’ yang diikuti ratusan siswa dan segenap guru di lingkungan SMPN 2 Colomadu ternyata signifikan dengan tingginya minat siswa untuk meminjam buku serta berkunjung ke perpustakaan.

Selain itu budaya baca menghasilkan ‘output’ siswa semakin kreatif untuk menulis, setidaknya muncul sejumlah tulisan maupun hasil karya lukisan di majalah dinding dan bulletin internal ‘Maestro’, dan para penulis baru-pun mendirikan klub hobi menulis yang diberi nama ‘Esempero Writing Club’.

Kepala Sekolah (Kasek) SMPN 2 Colomadu H Mujiyono SPd MPd, Jumat (23/11) memaparkan hasil penelitiannya yang berjudul ‘Upaya Menumbuhkan Budaya Minat Baca Siswa di Perpustakaan SMPN 2 Colomadu yang beralamat di Pulosari, Malangjiwan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar mengatakan sebelum digelarnya budaya baca para siswa, yang meminjam buku di perpustakaan selama sebulan hanya 37 anak.

Setelah digelar budaya baca meningkat sebanyak 356 anak meminjam buku di perpustakaan (meningkat 1.000 persen). “Sementara angka kunjungan ke perpustakaan sekolah setiap bulannya sebelum adanya budaya baca hanya 343 siswa. Namun sesudah digelar budaya baca, kunjungan ke perpustakaan selama sebulan rata-rata meningkat hingga 3.598 siswa,” ujar  H Mujiyono SPd MPd yang juga dikenal sebagai penulis buku ‘Matematika Untuk SMP’ yang karyanya digunakan sebagai ‘text book’ SMPdi seluruh Indonesia .

Iai mengucapkan terima kasih kepada Kedaulatan Rakyat yang  diajak kerja sama yang kedua menggelar budaya baca ‘Esempero Colomadu Membaca’ hari Sabtu (24/11) ini.

Dipaparkan oleh H Mujiyono SPd MPd didampingi Kepala Perpustakaan SMPN 2 Colomadu Drs Anwar Wahyudi hasil lanjutan dari latihan membaca bersama, siswa SMPN 2 Colomadu semakin aktif dan kreatif menulis dan mengisi majalah dinding serta bulletin internal bernama ‘Maestro’. Pun siswa SMPN 2 Colomadu berhasil menyabet  sejumlah prestasi diantaranya Juara I Lomba Perpusatakaan Tingkat Jawa Tengah Tahun 2010, Juara I Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) Tingkat Kabupaten Karanganyar, Lomba Palang Merah Remaja (PMR) serta juara umum II Pekan Olah Raga Daerah (Popda) Karanganyar.(Hwa).

*)KRjogja, 23 November 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan