-->

Perpustakaan Toggle

Rumah Baca Asma Nadia Majalengka

Rumah Baca Asma Nadia Majalengka merupakan salah satu dari Jaringan Rumah Baca Asma Nadia yang ada di pelosok nusantara. Rumah baca ini awalnya hanya berupa Taman Bacaan Keluarga yang bernama Iqra Madani yang didirikan pada tahun 2007. Seiring dengan berjalannya waktu, Taman Bacaan Ini semakin dikenal di kalangan siswa maupun umum, sehingga yang berkunjung ke taman bacaan tidak hanya dari masyarakat di kecamatan Ligung tapi juga dari Luar Kecamatan.
Mengandalkan koleksi buku keluarga ternyata tidak dapat memberikan kontribusi lebih bagi minat baca di Masyarakat. Hal ini dikarenakan jumlah buku yang terus berkurang karena rusak dan hilang. Selain itu, pengadaan buku yang terbatas juga berpengaruh pada jumlah pembaca dan minimnya kegiatan di taman bacaan.
Berawal dari sebuah status Penulis Bunda Asma Nadia yang mengulas tentang keberadaan Rumah Baca Asma Nadia, maka Kang Rama sebagai pendiri sekaligus pengelola di Taman Bacaan, memutuskan untuk menjalin kerja sama pengelolaan Rumah Baca Asma Nadia. Dengan melakukan komunikasi dan melengkapi persyaratan pendirian, akhirnya pada bulan November 2010, Rumah Baca Asma Nadia dibuka. Dan sebagai bentuk kontribusi Rumah Baca Asma Nadia pusat, bertepatan pada bulan Januari 2011 mengirimkan buku bacaan sebanyak 125 eksemplar.
Barokah dari jalinan silaturahmi dan Nama Besar Penulis Bunda Asma Nadia, Rumah Baca Asma Nadia mulai banyak di kenal oleh masyarakat. Beberapa relawan datang menawarkan diri untuk bersama-sama memakmurkan Rumah Baca dengan aneka kegiatan dan layanan.
Mendirikan TPQ Salamadina
Hanya mengandalkan buku yang berjejer, tempat yang cukup nyaman ternyata tidak serta merta mampu merangsang minat baca di masyarakat sekitar rumah baca. Hal ini terus menjadi tantangan bagi para Relawan untuk mencari cara bagaimana rumah baca ini bisa berkiprah lebih banyak. Maka berdasarkan hasil musyawarah para Pendiri dan Relawan, bersepakat untuk mendirikan Balai Belajar bagi anak dhuafa berupa Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Salamadina.
TPQ Salamadina melakukan pembelaran selama 5 hari dari hari senin hingga hari Jum,at. Pada hari sabtu dan minggu rumah baca di buka untuk umum full selama 9 jam dari pukul 7 hingga pukul 15.oo wib. Untuk agenda lain selain pembelajaran anak-anak, RBA Majalengka menggelar beberapa acara seperti :
1. Nonton Bareng
2. Penyuluhan dan pembinaan
3. Pelatihan Komputer untuk relawan dan anggota
4. Pengajian mingguan
5. Reuni peserta program
6. Dan kegiatan lainnya
Rumah Baca Asma Nadia Majalengka, meski dengan merayap namun terus melakukan pembenahan. Mulai dari Pengadaan buku-buku dari berbagai donator, Rekrutmen anggota dan relawan hingga pengembangan aktivitas program.

*)http://rbamajalengka.webs.com/, 24 September 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan