-->

Kronik Toggle

Wismilak Bantu Perpustakaan 10 SD Negeri

Perpustak

aan di 10 SD negeri di Kota Surabaya, Jawa Timur, menerima bantuan sebanyak 2.282 buku. Bantuan berbagai judul buku dari Wismilak Group itu untuk melengkapi koleksi perpustakaan sekolah.

Personnel Wismilak Group Henry Najion mengatakan, generasi muda wajib memiliki niat membaca yang sangat tinggi. “Kebiasaan membaca buku secara rutin, kelak bisa mengeluarkan ide-ide positif,” kata Henry, usai penyerahan buku kepada para kepala sekolah 10 SD negeri di Surabaya yang digelar di Kantor Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Selasa (11/9/2012).

Henry menambahkan, perusahaannya menyerahkan berbagai jenis buku, seperti buku ilmu pengetahuan umum, latihan soal, novel, hingga buku untuk guru mengenai cara mengajar. Selanjutnya, pendistribusian buku dilakukan oleh Badan Arsip dan Perpustakaan (BAP) Kota Surabaya.

“Setiap perpustakaan di sekolah akan mendapatkan pendampingan dari petugas BAP untuk mengelola buku,” ujarnya.

Kepala BAP Kota Surabaya, Arini Pakistyaningsih mengatakan, kecerdasan siswa 60 persen diperoleh dari membaca buku, dan 25 persen dari hasil tatap muka dengan guru. Jadi siswa harus terus didorong dan dilatih agar rajin membaca buku dan perlu membuat ringkasan isi sebuah buku yang sudah dibaca.

Menurut Arini, BAP menargetkan 126 perpustakaan atau taman bacaan umum untuk pemberian buku yang berasal dari berbagai macam instansi, lembaga, maupun dari program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).

Pemerintah Kota Surabaya juga terus meningkatkan jumlah taman bacaan umum, baik di tingkat rukun warga maupun keluarahan. Tujuannya agar warga bisa membaca secara gratis di taman bacaan yang ada di dekat tempat tinggalnya.

*) Kompas.com, 11 September 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan