-->

Perpustakaan Toggle

Rumah Baca Mejikuhibiniu

Mejikuhibiniu merupakan rumah baca yang diperuntukkan untuk umum, mengemban misi sosial untuk mengajak masyarakat meningkatkan gemar membaca dan menumbuhkan kesadaran menjaga kelestarian alam.

Dengan pendampingan Lembaga Kajian Konservasi Lingkungan (LK2L), perpustakaan yang diberi nama Mejikuhibiniu ini didirikan. Tidak hanya membawa misi gemar membaca dan menulis, rumah baca ini dipergunakan sebagai tempat berdiskusi, mengkaji serta klinik keluarga. Diharapkan rumah baca ini bisa menjadi solusi bagi setiap permasalahan yang dialami oleh siapa saja yang membutuhkan melalui klinik keluarga, serta beberapa wadah yang dibentuk untuk pemberdayaan.

Nama Rumah Baca Mejikuhibiniu dipilih untuk menggambarkan anggota rumah baca Mejikuhibiniu yang berasal dari berbagai warna (golongan) yang bersinergis menjadi sebuah keindahan. Keindahan ini disuguhkan untuk siapa saja yang melihatnya. Jika warna pelangi dicampur menjadi satu maka akan menjadi warna putih. Warna putih melambangkan hal-hal yang baik misalnya bisa menentramkan hati serta bisa juga membawa kedamaian.

Berikut beberapa bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan di rumah baca ini.

  1. Perpustakaan

Rumah baca ini akan dilengkapi dengan berbagai jenis koleksi buku, mulai dari buku ilmu pengetahuan hingga buku mengenai kewirausahaan serta koran. Buku ini dikumpulkan oleh pengurus rumah baca secara swadaya serta donasi dari beberapa anggota masyarakat yang peduli. Buku-buku yang ada di perpustakaan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat secara gratis, kecuali apabila buku tersebut dipinjam untuk dibawa pulang, pengurus membebani peminjam dengan dana perawatan buku yang terjangkau oleh masyarakat. Kedepan, koleksi buku ini akan dilengkapi dengan perpustakaan virtual dengan menggunakan teknologi yang ada.

  1. Kajian ilmu

Rumah Baca Mejikuhibiniu tidak hanya dipergunakan sebagai tempat untuk mendapatkan berbagai jenis buku yang dibutuhkan oleh anak, remaja dan masyarakat umum, secara rutin pengurus rumah baca akan menjadwalkan forum kajian ilmu, bedah buku hingga diskusi terkait berbagai macam permasalahan yang ada di masyarakat.

  1. Pelatihan

Keberadaan rumah baca ini diharapkan tidak hanya menjadi referensi keilmuan bagi masyarakat, akan tetapi juga bisa dipergunakan untuk menambah ketrampilan. Secara rutin pengurus akan menjadwalkan berbagai kursus yang bisa diikuti masyarakat secara gratis. Contohnya seperti program English days pada hari Selasa, pengurus mewajibkan kepada siapa saja yang masuk ke dalam perpustakaan untuk berbahasa Inggris. Tidak perlu khawatir, karena pengurus juga menyiapkan pendamping yang akan mendampingi siapa saja untuk belajar bahasa Inggris. Selain itu secara rutin, pengurus akan menjadwalkan berbagai macam pelatihan, mulai dari pelatihan membuat website, pelatihan kewirausahaan hingga pelatihan kehumasan. Pada saat-saat tertentu, pengurus akan mendatangkan narasumber untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat.

  1. Klinik Psikologi

Keberadaan rumah baca ini diharapkan bisa menjadi bagian dari penyelesaian permasalahan yang dihadapi masyarakat khususnya anak muda dan keluarga. Karena itu, pengurus mempersiapkan sebuah klinik keluarga/psikologi dimana masyarakat bisa memanfaatkannya untuk berkonsultasi seputar permasalahan hidup yang dihadapi. Beberapa psikolog serta pemerhati sosial dan pendidikan sudah menyatakan bergabung dengan Rumah Baca Mejikuhibiniu.

  1. Sosialisasi lingkungan hidup

Tidak melupakan kewajiban untuk melestarikan lingkungan, secara rutin Mejikuhibiniu akan menggelar sosialisasi lingkungan hidup terhadap pengunjung. Tidak hanya melalui brosur, pamphlet dan kalimat-kalimat ajakan melestarikan lingkungan, di rumah baca ini akan diprogramkan secara rutin pengajian bertema lingkungan akan dilaksanakan ditempat ini. Selain itu, pengurus akan mengajak setiap pengunjung untuk lebih berdisiplin dalam membuang sampah.

  1. Wadah Organisasi

Mejikuhibinu menjadi wadah organisasi bagi anak-anak, generasi muda, orang tua dalam mengembangkan SDM melalui beberapa organisasi sayap. Salah satunya wadah bagi penulis serta pecinta buku untuk mengembangkan keahliannya.

Lokasi Rumah Baca

Rumah Baca berada di Jl Mawar Putih IV No 5, Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu. Email :facebook : Mejikuhibiniu Kota Batu.

rumahbacamejikuhibiniu@gmail.com

*)Disalin dari situs mejikuhibiniu

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan