-->

Kronik Toggle

Perpustakaan di Daerah Rawan Buta Aksara

Pemerintah Kabupaten Jember perlu memprioritaskan program keaksaraan fungsional. Salah satunya menjaga agar ada kesinambungan budaya baca dan tulis di masyarakat.

Data Kementerian Pendidikan Nasional tahun 2010, menunjukkan angka buta aksara pada usia 15 tahun ke atas di Jember mencapai 206.049 orang. Angka ini berarti 10,74 persen dari angka buta huruf nasional. Data ini memicu polemik, mengingat Pemkab Jember dua kali mendapat penghargaan mengenai keaksaraan dari pemerintah pusat.

“Perlu ada pengalokasian dana untuk program pemberantasan buta aksara uang berkesinambungan, yakni pemeliharaan kemampuan membaca dan menulis. Misalnya, dengan pengadaan perpustakaan di tempat rawan buta aksara, serta kegiatan masif turun ke lapangan oleh seluruh elemen masyarakat,” kata Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera DPRD Jember, Yuli Priyanto.

Wakil Bupati Jember Kusen Andalas sepakat menjadikan gerakan pemberantasan buta aksara sebagai prioritas tahun 2013-2015. “Memang diprogramkan adanya taman bacaan masyarakat secara bertahap di sekitar domisili masyarakat yang sudah melek aksara, agar tidak buta aksara kembali,” katanya.

Pemkab Jember juga melakukan gerakan terpadu dengan memanfaatkan potensi masyarakat, baik organisasi maupun individu. “Kami melibatkan masyarakat yang memiliki kemampuan untuk berpartisipasi aktif dalam penuntasan buta aksara, baik sebagai penyelenggara, tutor, donatur, maupun penggerak,” kata Kusen.

Pemkab Jember mengaktifkan satuan tugas penuntasan buta aksara dari tingkat desa hingga kabupaten. Pemantauan terpadu dilakukan serentak di wilayah kegiatan belajar mengajar.

Sebagai tanda keseriusan, Pemkab menyiapkan dana pendamping (sharing) APBN dan APBD Provinsi Jawa Timur. Soal data warga yang buta aksara, Pemkab masih melakukan pemetaan dan validasi data yang dikeluarkan BPS.

*) Beritajatim, 14 September 2012

1 Comment

berita gresik - 16. Sep, 2012 -

mari tuntaskan buta aksara di seluruh pelosok indonesia…

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan