-->

Perpustakaan Toggle

Perpustakaan Baitul Amin

Sejak didirikan Perpusba telah menjadi sarana bagi jamaah Surau Baitul Amin (SBA) dan masyarakat sekitar untuk menambah wawasan di bidang agama maupun umum. Keberadaan Perpusba diprakarsai oleh Ketua Yayasan Prof. Dr. H. Kadirun Yahya (YPDKY), H. Abdul Khalik Fajduani, SH, yang gemar membaca buku.

Koordinator Perpusba, Ahmad Fakar, mengatakan didirikannya sarana ini diawali dengan tujuan memfasilitasi jamaah untuk membaca buku-buku karangan Sayyidi Syaikh Prof. Dr. H. Kadirun Yahya, pendiri YPDKY. Setiap malam wirid; Senin dan Kamis malam, Perpusba juga berfungsi sebagai tempat dilaksanakannya sesi penjelasan mengenai Tarekat Naqsyabandiyah Al Khalidiyah.

Kini perpustakaan yang menempati bangunan dua lantai ini juga kerap digunakan sebagai arena rapat, pelatihan, serta pengajian. Perpusba juga berfungsi sebagai ruang konferensi pers Festival Baitul Amin 2010 pada Maret lalu.

Pengunjung tidak hanya datang dari jamaah saja, melainkan juga masyarakat sekitar terutama anak-anak. “Anak-anak suka membaca disini karena ada komiknya dan ruangannya ber-AC,” tutur Adi Bahtiar, anak surau yang bertugas sebagai pustakawan Perpusba. Begitu juga yang diutarakan Mardian Syah. Siswa SDN 03 Curug ini mengaku sering datang untuk membaca komik favoritnya Captain Tsubasa dan Naruto. Bersama tiga temannya, Mardian datang dua kali seminggu dengan bersepeda.

Berbentuk unik segi enam dimana masing-masing lantai berukuran 75m2, lantai bawah Perpusba merupakan kantor perpustakaan serta ruang untuk menerima tamu. Ruang baca berada di lantai atas dengan fasilitas berupa proyektor, giant screen, dan sistem audio. Buku-buku yang ada di Perpusba adalah sumbangan dari para jamaah serta keluarga pendiri YPDKY. Koleksi Perpusba kini mencapai 2.800 buku; mulai dari buku agama, pengetahuan umum, teknologi, ekonomi, komik anak anak hingga novel-novel pop, yang jumlahnya terus bertambah. Nah, bagi yang belum pernah, Ayo, berkunjung ke Perpusba!

Perpustakaan Baitul Amin berlokasi di Komplek Area Surau Baitul Amin Bojongsari, Depok.

Untuk keperluan informasi tentang Buku dan Pustaka, kami siap membantu anda, silahkan hubungi langsung ke kontak person berikut.

Kontak Person:

  1. Abdul Mufid – 0888-999-5563
  2. Adi Bahtiar – 0812-8233-2780
kampus@baitulamin.org
http://pustaka.baitulamin.org

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan