-->

Resensi Toggle

Kabar Resensi Pekan Keempat September 2012

KABAR BUKU Edisi Khusus RESENSI yang disiarkan RADIO BUKU bekerjasama dengan portal berita www.indonesiabuku.com. Kabar sepekan resensi buku di sejumlah media di Indonesia. Disusun oleh Aya Hidayah.

Dimensi-Dimensi Kritis Keamanan Nasional

Editor Hermawan Sulistyo

Resensi ditulis Sto/M-4

Dimuat MEDIA INDONESIA, 23 September 2012

Sebuah pertanyaan yang cukup menggelitik bagi siapapun orang yang hidup di Indonesia sudah amankah kita? Dalam buku Dimensi-Dimensi Kritis Keamanan Nasional, yang merupakan kompilasi pemikiran dari beberapa pakar kompeten yang membedah sisi-sisi konseptual keamanan nasional Hermawan Sulistyo (editor) dengan jernih memaparkan urgensi mendasar perihal keamanan. Buku ini juga banyak menjelaskan pengguliran RUU kamnas, diantaranya pembentukan Dewan Keamanan Nasional, yang didalamnya terdapat unsur dari TNI, Polri, dan masyrakat sipil.

Lalita

Karya Ayu Utami

Resensi ditulis Veven Sp. Wardhana

Dimuat KORAN TEMPO, 23 September 2012

Novel yang terbagi dalam tiga bab ini menggambarkan kisah lintas benua, lintas samudra, sekaligus lintas era. Bab “indigo”, yang berfokus pada sosok Lalita salah seorang cucu Anshel berlatar masa sekarang di Jakarta. Bab “HItam” mengisahkan sosok Anshel dari Slavia, yang kelak melacak spiritualitas sebagai sikap kritis terhadap ajaran psikoanalisis Sigmund Freud sampai Borobudur, Magelang JAwa Tengah. Peristiwa dalam bab ini terjadi pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Lantas, dalam bab berikutnya “Merah” semuanya beranyam-kelindanan: pemanjat tebing Sandi Yuda disekap kelompok mafia karena dicurigai mencuri buku leluhur Lalita.

Giant Pack of Lies: Bongkah Raksasa Kebohongan, Menyorot Kedigdayaan Industri Rokok di Indonesia

Karya Mardiyah Chamim, dkk

Resensi ditulis Ahmad Musthofa Haroen

Dimuat KOMPAS, 23 September 2012

Tajuk buku ini tegas dan menjanjikan. Giant Pack of Lies: Bongkah Raksasa kebohongan, Menyorot Kedigdayaan Industri Rokok di Indonesia. Isinya laporan investigasi yang membeberkan konspirasi sejumlah industri rokok. Ini pilihan serius mengingat banyaknya dokumen industri besar yang diklasifikasikan sebagai “Top Scret”. Salah satu ide dasar buku ini ialah pandangan bahwa industry rokok tengah mencapai masa senja kalanya. Senja kala yang sesungguhnya terjadi di “negara-negara maju” itu diproyeksikan kedalam konteks Indonesia melalui tren fakta dan data statistik.

Berhaji kepada Allah

Karya Abdul Aziz

Resensi ditulis  Husnus N Djuraid

Dimuat JAWA POS, 23 September 2012

Ibadah haji meningglkan kesan yang amat sangat mendalam. Tak heran bila banyak yang sudah melaksanakan ibadah tersebut masih punya keinginan yang besar untuk pergi lagi ke Tanah Suci, baik untuk haji lagi maupun umrah. Buku ini mengupas panjang lebar tentang seluk beluk ibadah haji, mulai persiapan sampai pelaksanaan seluruh rangkaian ibadah. Abdul Aziz, penulis buku ini tampak fasih menuliskan masalah-masalah yang berkaitan dengan haji karena pengalamannya sebagai pembimbing haji. Tapi, dibalik semua itu, yang tak kalah penting adalah di antara rangkaian ibadah haji tersebut, ada rujukan yang berasal dari alquran dan hadis yang harus dipahami jamaah.

Republik (Poli) Tikus

Karya Fajar S Roekminto

Resensi ditulis Donny Anggoro

Dimuat JAWA POS, 23 September 2012

Tak banyak tulisan kolumnis kita yang mencuat jika tak memiliki ciri khas tersendiri sebagai “craft” (keahlian) contoh ada beberapa penulis yang mampu merefleksikan pelbagai gejolak dan problem sosial ke dalam wacana tulisan yang segar, memikat, kontekstual, tapi juga jenaka sekaligus monohok. Fajar S. roekminto termaksud dalam kategori itu: kolumnis yang mempunyai cirri khas menuliskan serbaneka pemikirannya, terutama mengangkat pelbagai gejolak sosial di negeri ini lewat kumpulan kolomnya Republik (Poli) Tikus. Kumpulan esai (UKI) periode 2006-2009. Walau bulletin tersebut kemudian berhenti terbit, Republik (Poli) Tikus yang tersebar di blog, catatan facebook, dan pelbagai situs lain yang kemudian dikumpulkan sendiri oleh penulisnya menjadi buku ini.

Ketika Shalat Terasa Berat

Karya Angga Dian Permana Putra

Resensi ditulis Sam Edy Yuswanto

Dimuat KEDAULATAN RAKYAT, 23 September 2012

Salat bagi seorang muslim adalah sebuah kewajiban. Salat termaksud rukun Islam kedua yang tak boleh diabaikan, apalagi sengaja ditinggalkan hanya karena kita terlampau disibukkan dengan pekerjaan. Salat memiliki kedudukan yang sangat penting dan tak bisa tertandingi oleh ibadah yang lain. Buku setebal 138 halaman ini akan mengupas secara tajam tentang alasan mengapa salat yang kita jalankan masih tersa berat, padahal kita tahu salat itu wajib hukumnya.

Financial Parenting

Karya Seto Mulyadi & Lutfi Trizki

Resensi ditulis Hendra Sugiantoro

Dimuat KEDAULATAN RAKYAT, 23 September 2012

Mendidik anak adalah upaya orang tua untuk menyiapkan anaknya mencapai kehidupan yang lebih baik di masa depan. Buku ini layak menjadi referensi bagi orangtua untuk mendidik anak cerdas secara financial. Dalam mendidik anak tentu tak sekedar diberi uang untuk kebutuhannya. Orangtua juga tak sekedar berkata tidak ada uang apabila anak menginginkan sesuatu untuk dibeli.

Creative Selling

Karya Fikri C Wardana

Resensi ditulis Fitri

Dimuat KEDAULATAN RAKYAT, 23 September 2012

Cukup banyak bahkan barangkali ribuan buku yang mengajarkan menjual secara instan ataupun cara melipatgandakan dalam tempo sekejap mata. Baik penulis lokal maupun penulis asing yang terkenal. Tetapi yang membuat buku ini berbeda adalah penulis tidak menawarkan cara-cara instan tetapi justru kreaif.

Terorisme di Indonesia  dalam Tinjauan Psikologi

Karya Sarlito Wirawan Sarwono

Resensi ditulis  Dito Alif Pratama

Dimuat SUARA MERDEKA, 23 september 2012

Buku ini bisa dijadikan referensi yang tepat tentang bagaimana memberantas terorisme melalui sudut pandang psikologi. Memberantas terorisme sejatinya tidak cukup hanya fokus menangkap pelaku saat melakukan aksi teroris. Lebih lanjut lagi adalah bagaimana memahami psikologi dan emosional para teroris, faktor penyebabnya hingga alasan mengapa mereka berbuat aksi teror. Dengan begitu akan ditemukan solusi tepat memutus mata rantai terorisme di negara ini. Buku ini merupakan hasil penelitian lapangan Sarlito dan didukung langsung dengan wawancara penulis dengan para teroris, mantan pelaku teror hingga pihak kepolisian.

Akar Pule

Karya Oka Rusmini

Resensi ditulis Sigit Widya

Dimuat TRIBUN JOGJA, 23 September 2012

Novel Akar Pule adalah buku kumpulan cerita pendek yang berisi 10 kisah. Semuanya mengenai perempuan. Tokoh pertama yang dilibatkannya adalah Saring, perempuan yang terpaksa meninggalkan kampung halaman demi menghindari kesialan. Keberadaannya didesa memang membawa beban yang amat berat. Setiap bencana dan musibah yang menimpa, Saring menjadi cibiran warga. Semuanya tak lepas dari riwayat ayahnya, Kondra. Kisah Saring sebagai perempuan desa yang tak beruntung ini hanya satu dari sekian ruh yang dicurahkan penulis kedalam bentuk tulisan.

3 Comments

ARSYADI - 01. Okt, 2012 -

bagus info resensinya.
mohon tanya, untuk resensi buku, surat kabar mana saja yang menerima tulisan dari peresensi umum? tks

Bernando J Sujibto - 04. Okt, 2012 -

Hampir semua koran di Indonesia nerima resensi pada hari Minggu…

Selamat mencoba menulis

arsyadi - 08. Okt, 2012 -

saya sudah coba kirim berulang-ulang. tapi kok belum dimuat ya? mungkin tulisan saya yang kurang bermutu atau alamat tujuan yang salah. Barangkali berkenan, mohon diberi alamat email beberapa koran, antara lain :
1. kedaulatan Rakyat
2. Solo Pos
3. Suara Merdeka
4. Jawa Pos
tks sebelumnya

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan