-->

Kronik Toggle

Hatta Rajasa Writing Competition: Antusiasme dan Harapan

Optimisme dan semangat berkarya generasi muda diyakini masih sangat tinggi.

Setidaknya hal tersebut terlihat dari antusiasme generasi muda mengikuti kompetisi penulisan demi mendapat beasiswa dari Hatta Rajasa.

Hatta yang Ketua Umum PAN mengungkapkan, pemuda Indonesia adalah pemuda yang tangguh dan mampu memberikan pemikiran positif.

“Tulisan itu mampu memberikan bangsa harapan ke depan ,” katanya dalam malam penganugerahan Hatta Rajasa Writing Competition (HRWC) di Jakarta, Rabu (12/9).

Menko Perekonomian ini menerangkan, sebuah karya tulis bisa membangun budaya, membiasakan melakukan pembelajaran, menelaah, meneliti, serta menumbuhkan kemampuan untuk secara jernih melihat sesuatu.

“Tulisan mengajarkan objektifitas, dan kebenaran akademis. Tulisan dapat pula membentuk tatanan kehidupan demokrasi yang makin berkeadaban,” urainya.

Ditambahkan Hatta, karya ini adalah jendela peradaban. “Menulis dan membaca menjadikan masyarakat kita rasional menghadapi apapun. Ini yang diperlukan bangsa untuk maju, bukan bangsa yang sering ngamuk kalau berbeda pandangan,” jelas dia.

Menurut Direktur Eksekutif Pusat Studi Harapan Rakyat (PSHR) Zaenal A Budiyono, kompetisi HRWC bertujuan membangun budaya optimistis di kalangan generasi muda. Sehingga tiap masalah tak selalu dianggap sebagai ‘bencana’ yang seolah tanpa solusi.

“Perlu optimisme dan semangat kreatif dari kaum muda agar masa depan bangsa lebih cerah,” paparnya.

Dia menyebut, semula diperkirakan hanya ada sekitar 400 artikel yang terkumpul. Tapi faktanya, sebanyak 1.214 artikel yang masuk ke panitia.

Antusiasme generasi muda mengikuti kompetisi ini menjadi indikasi positif adanya semangat berkarya. “Bahkan ada beberapa mahasiswa dari luar negeri (mahasiswa Indonesia yang kuliah di luar negeri) seperti Australia, Inggris, Cina dan Sudan yang ikut berkompetensi,” kata Zaenal.

Dia menyebut, dari ribuan artikel itu, dewan juri menetapkan masing-masing 10 nominator untuk kategori pelajar dan mahasiswa. Selanjutnya per kategori diambil tiga juara.

Untuk kategori pelajar, juara I mendapat beasiswa Rp12 juta, juara II sejumlah Rp8 juta, dan Rp4 juta untuk juara III. Kategori mahasiswa mendapat Rp15 juta bagi juara I, Rp10 juta juara II, dan Rp5 juta juara III.

Hadiah diserahkan oleh Hatta Rajasa selaku Ketua Umum PAN, Rabu (12/9/2012) malam di Teater Kecil TIM, Jakarta. Panitia juga mengambil 10 artikel terbaik per kategori untuk diterbitkan dalam buku berjudul ‘Optimisme Menatap Masa Depan Indonesia’.

*) Tribunnews, 13 September 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan