-->

Kronik Toggle

Di Bandung Kini Ada Perpustakaan Keliling ‘WOW’

Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Bapuspida) Jabar jalin kerjasama dengan Singapore International Foundation. Dari kerjasama itu diluncurkan proyek multidimensi perpustakaan keliling (pusling) yang dinamakan ‘Words On Wheels (WOW)’.

Lewat pusling itu, akan ada lebih dari 1.000 koleksi buku berbahasa Inggris dan Indonesia. Ada juga fasilitas internet dan multimedia. Pusling itu juga menggabungkan kegiatan pembelajaran dan pelatihan keterampilan.

“Anak-anak atau siswa akan dapat pengalaman baru dalam belajar dengan adanya program ini,” kata Project WOW Jean Tan dalam peluncuran WOW di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kamis (27/9/2012).

Pusling itu ada dalam bentuk mobil yang nantinya beroperasi lima hari dalam seminggu. Total ada 15 sekolah di Bandung yang dikunjungi setiap hari. Untuk saat ini, pusling hanya akan beredar di Bandung.

Selain bisa membaca atau meminjam buku, nantinya akan ada juga aktivitas belajar seperti pemberian keterampilan, aktivitas bermain interaktif, hingga pelatihan dan keahlian presentasi.

“Agar pustakawan memiliki kemampuan untuk menjalankan program WOW, sekitar 50 pustakawan Bapuspida akan dilatih relawan khusus dari Singapore National Library Board dalam hal manajemen perpustakaan,” ucapnya.

Selanjutnya, sambung Jean, pustakawan yang sudah dilatih akan melatih pustakawan lainnya yang jumlahnya sekitar 150 orang. Itu agar mereka memiliki kemampuan merata dalam mengelola perpustakaan.

Sementara dalam peluncuran program WOW itu, hadir Duta Besar Singapura untuk Indonesia Anil Kumar Nayar, Asda Bidang Administrasi Pemprov Jabar Iwa Kartiwa, Kepala Bapuspida Jabar Enny Heryani serta berbagai tamu undangan lainnya.

Dalam acara juga diberikan replika kunci sebagai simbolis kerjasama dan pemberian mobil untuk pusling. Sementara mobil secara simbolis diberikan di SD Soka.

*)Detik, 27 September 2012

Artikel ini tertutup untuk komentar.

Warung Arsip Perpustakaan

Tampilkan
Sembunyikan